Breaking

Kamis, 23 November 2017

SILABUS MATA PELAJARAN PEMROGRAMAN DASAR

SILABUS MATA PELAJARAN PEMROGRAMAN DASAR
(
DASAR BIDANG KEAHLIAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI)
                                                                                                                                   
Satuan Pendidikan      : SMK/MAK
Kelas                                        : X (Sepuluh)
Kompetensi Inti*                     :
KI 1   :                 Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2   :                 Menghayati dan Mengamalkan perilaku jujur, disiplin,tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas pelbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3   :                 Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, dan procedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
KI 4   :                 Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.


Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran*
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1.Memahami nilai-nilai keimanan dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya.
1.2.Mendiskripsikan kebesaran Tuhan yang menciptakan Pelbagai sumber energi di alam.
1.3.Mengamalkan nilai-nilai keimanan sesuai dengan ajaran agamanya dalam kehidupan sehari-hari




2.1.Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari- hari sebagai wujud implementasi sikap dalam  melakukan  percobaan  dan berdiskusi
2.2.Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan

3.1.Memahami penggunaan data dalam algoritma dan konsep algoritma pemrograman

4.1.Menggunakan algoritma pemrograman untuk memecahkan permasalahan

Algoritma Pemrograman
-    Konsep algoritma
-    Struktur algoritma
-    algoritma menggunakan bahasa natural
-    Pengenalan Variabel
-    Pengenalan tipe data
-    Pengenalan operator
-    Pseudocode
-    Flowchart
-    Penggunaan Tool  flowchart













Mengamati:
-     Pelbagai contoh penerapan algoritma dasar dalam kehidupan sehari-hari
-     Karakteristik tipe data
Menanya:
-     Rumusan masalah terkait penerapan algoritma sederhana
-     Logika penyelesaian masalah dengan struktur algoritma
Mengeksplorasi:
-     Membuat algoritma sederhana untuk menyelesaikan permasalahan menggunakan bahasa natural, flowchart dan pseudocode
Mengasosiasi:
-     Menyimpulkan konsep algorima (bahasa natural, flowchart dan pseudocode) untuk menyelesaikan permasalahan
Mengkomunikasikan:
-     Mempresentasikan algoritma penyelesaian permasalahan
Tugas:
-      Membuat algoritma sederhana (bahasa natural, pseudocode dan flowchart) untuk menyelesaikan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari.
Portopolio:
-      Laporan praktek membuat algoritma pemecahan masalah menggunakan bahasa natural, flowchart dan pseudocode.
Observasi:
-      Checklist hasil pengamatan Pelbagai contoh algoritma
Tes:
-      Tes tertulis dan praktek tentang konsep algoritma, pseudocode, flowchart




16 JP
























-       Buku teks pelajaran

-       Buku panduan guru 

-       Sutedjo, budi, Algoritma dan  Teknik Pemrograman, Penerbit ANDI, Yogyakarta, 2009.  

-       Munir, Rinaldi, Algoritma dan pemrograman dalam bahasa Pascal dan C, Informatika Bandung, 2011








3.2.Memahami struktur algoritma serta menganalisis data dalam suatu algoritma percabangan
4.2.Menggunakan algoritma percabangan untuk memecahkan permasalahan

Algoritma percabangan
-   Percabangan 1 kondisi
-   Percabangan 2 kondisi
-   Percabangan lebih dari 2 kondisi
-   Percabangan bersarang


Mengamati:
-     Pelbagai contoh penerapan algoritma percabangan 1, 2, lebih dari 2 kondisi dan percabangan bersarang
Menanya:
-     Rumusan masalah terkait algoritma percabangan 1, 2, lebih dari 2 kondisi dan percabangan bersarang
-     Alur penyelesaian masalah dengan algoritma percabangan.
Mengeksplorasi:
-     Membuat algoritma penyelesaian masalah percabangan 1, 2, lebih dari 2 kondisi, serta percabangan bersarang
Mengasosiasi:
-     Menyimpulkan penerapan algoritma percabangan untuk memecahkan masalah
-     Menganalisa algoritma percabangan dengan Pelbagai data
Mengkomunikasikan:
-     Mempresentasikan algoritma penyelesaian masalah percabangan
Tugas:
-      Membuat algoritma (pseudocode dan flowchart) untuk menyelesaikan permasalahan menggunakan logika percabangan 1, 2, lebih dari 2 kondisi, serta percabangan bersarang.
Portopolio:
-      Laporan praktikum algoritma percabangan 1, 2, lebih dari 2 kondisi, dan percabangan bersarang
Observasi:
-      Checklist hasil pengamatan contoh algoritma percabangan
Tes:
-      Tes tertulis dan praktek tentang konsep algoritma percabangan 1, 2 lebih dari 2 kondisi, dan percabangan bersarang




12 JP


-        Buku teks pelajaran

-        Buku panduan guru

-        Sutedjo, budi, Algoritma dan  Teknik Pemrograman, Penerbit ANDI, Yogyakarta, 2009.  

-        Munir, Rinaldi, Algoritma dan pemrograman dalam bahasa Pascal dan C, Informatika Bandung, 2011

3.3.Memahami struktur algoritma serta menganalisa data dalam suatu algoritma perulangan
4.3.Memecahkan permasalahan dengan algoritma perulangan

Algoritma perulangan
-   Perulangan dengan kondisi diawal
-   Perulangan dengan kondisi diakhir
-   Perulangan dengan kondisi akhir diinputkan user
-   Perulangan sebagai pencacah naik
-   Perulangan sebagai pencacah turun.







Mengamati:
-     Pelbagai ragam contoh penerapan algoritma perulangan
Menanya:
-     Rumusan masalah dan logika penyelesaian masalah menggunakan algoritma perulangan
Mengeksplorasi:
-     Membuat pelbagai algoritma penyelesaian masalah menggunakan logika perulangan
Mengasosiasi:
-     Menyimpulkan penerapan algoritma perulangan untuk menyelesaikan masalah
-     Menganalisa algoritma perulangan dengan Pelbagai macam data
Mengkomunikasikan:
-   Mempresentasikan pelbagai ragam  algoritma penyelesaian masalah menggunakan logika perulangan
Tugas:
-      Membuat algoritma (pseudocode dan flowchart) untuk menyelesaikan permasalahan menggunakan logika perulangan
Portopolio:
-      Laporan praktikum algoritma perulangan
Observasi:
-     checklist hasil pengamatan Pelbagai ragam contoh penerapan algoritma perulangan
Tes:
-      Tes tertulis dan praktek algoritma perulangan
12 JP









-        Buku teks pelajaran

-        Buku panduan guru

-        Sutedjo, budi, Algoritma dan  Teknik Pemrograman, Penerbit ANDI, Yogyakarta, 2009.  

-        Munir, Rinaldi, Algoritma dan pemrograman dalam bahasa Pascal dan C, Informatika Bandung, 2011
















3.4.Menerapkan bahasa pemrograman
4.4.Mengolah algoritma ke dalam bentuk kode program komputer

Bahasa pemrograman
-    Pengenalan bahasa pemrograman
-    Pengenalan tools/framework pengembangan program
-    Instalasi tools bahasa pemrograman
-    Struktur bahasa pemrograman
-    Standar output dalam bahasa pemrograman
-    Standar Input
dalam bahasa pemrograman
-    Kompilasi dan eksekusi program
-    Perbaikan kesalahan






Mengamati:
-     Framework bahasa pemrograman
-     Instalasi tools bahasa pemrograman
-     Pelbagai contoh kode program dalam bahasa pemrograman
Menanya:
-     Struktur penulisan program dalam bahasa pemrograman
-     Proses kompilasi dan eksekusi program
Mengeksplorasi:
-    Melakukan instalasi bahasa pemrograman
-    Membuat kode program dengan algoritma sederhana
-    Melakukan kompilasi, eksekusi dan perbaikan kesalahan program
Mengasosiasi:
-    Menyimpulkan penerapan struktur penulisan program dan algoritma dasar dalam pembuatan program komputer sederhana.
Mengkomunikasikan:
Membuat laporan dan presentasi program.
Tugas:
-     Membuat kode program  sederhana  sesuai dengan algoritma  yang telah dirumuskan sesuai  standar input dan output
-     Mengkompilasi, mengeksekusi kode dan perbaikan program
Portopolio:
-     Laporan pembuatan kode program sesuai dengan algoritma  yang telah dirumuskan sesuai  standar input dan output.
Observasi:
-     checklist hasil pengamatan
Tes:
Tes tertulis dan praktek tentang konsep dan penerapan bahasa pemrograman dalam program sederhana





8 JP




















-        Buku teks pelajaran

-        Buku panduan guru

-        Sams Teach Yourself C++ in 24 Hours, 2011, United States of America: Pearson Education, Inc

-        Qt Basic Curriculum, 2011, NICE (Nokia Indonesia Community Enthusiast)

3.5.Menerapkan penggunaan tipe data, variabel, konstanta, operator dan ekspresi
4.5.Mengolah data menggunakan konsep tipe data, variabel, konstanta, operator dan ekspresi.

Tipe Data, Variabel, Operator dan Ekspresi
-    Tipe data, variabel dan konstanta
-    Operator dan ekspresi















Mengamati:
-    Pelbagai ragam contoh kode program yang melibatkan tipe data, variabel, konstanta, operator dan ekspresi
Menanya:
-    Ragam tipe data, variabel, konstanta, operator, ekspresi dan karakteristiknya
Mengeksplorasi:
-    Membuat pelbagai kode program menggunakan ragam tipe data, variabel, kontanta, operator dan ekspresi sesuai algoritma sederhana.
-    Melakukan kompilasi, eksekusi dan perbaikan kesalahan program
Mengasosiasi:
-    Menyimpulkan penggunaan tipe data, variabel, konstanta,
operator dan ekspresi
dalam program komputer sederhana
Mengkomunikasikan:
Membuat laporan dan mempresentasikan hasil program komputer
Tugas:
-     Membuat kode program komputer menggunakan pelbagai ragam tipe data, variabel konstanta, operator dan ekspresi.
Portopolio:
-     Laporan pembuatan kode program menggunakan pelbagai  ragam tipe data, variabel, konstanta, operator dan ekspresi sesuai dengan algoritma sederhana.
Observasi:
-    checklist hasil pengamatan pelbagai ragam contoh kode program
Tes:
Tes tertulis tentang penggunaan tipe data, variabel, konstanta, operator dan ekspresi.




4 JP



























-        Buku teks pelajaran

-        Buku panduan guru

-        Sams Teach Yourself C++ in 24 Hours, 2011, United States of America: Pearson Education, Inc

-        Qt Basic Curriculum, 2011, NICE (Nokia Indonesia Community Enthusiast)









3.6.Menerapkan struktur kontrol percabangan dalam bahasa pemrograman

4.6.Memecahkan masalah menggunakan struktur kontrol percabangan

Struktur Kontrol Percabangan
-    Percabangan 1 kondisi
-    Percabangan 2 kondisi
-    Percabangan lebih dari 2 kondisi
-    Percabangan bersarang






Mengamati:
-    Pelbagai contoh kode program dengan struktur kontrol percabangan.
Menanya:
-    Pelbagai strukur penulisan kontrol percabangan 1, 2, lebih dari 2 konsisi dan bersarang.
Mengeksplorasi:
-    Membuat pelbagai kode program menggunakan struktur percabangan sesuai dengan algoritma yang telah dirumuskan.
-    Melakukan kompilasi, eksekusi dan perbaikan kesalahan program
Mengasosiasi:
-    Menyimpulkan penerapan algoritma dan struktur kontrol percabangan 1, 2, lebih dari 2 konsisi dan bersarang dalam program komputer  
Mengkomunikasikan:
Mempresentasikan hasil program komputer yang melibatkan struktur percabangan
Tugas:
-   Membuat kode program menggunakan struktur kontrol percabangan
Portopolio:
-     Laporan pembuatan kode program menggunakan struktur kontrol percabangan sesuai dengan algoritma yang telah dirumuskan
Observasi:
-    Checklist hasil pengamatan pelbagai contoh kode program dengan struktur kontrol percabangan.
Tes:
Tes tertulis dan praktek tentang konsep dan penerapan struktur percabangan









8 JP



-       Buku teks pelajaran

-       Buku panduan guru

-       Sams Teach Yourself C++ in 24 Hours, 2011, United States of America: Pearson Education, Inc

-       Qt Basic Curriculum, 2011, NICE (Nokia Indonesia Community Enthusiast)







3.7.Menerapkan struktur kontrol perulangan dalam bahasa pemrograman.
4.7.Memecahkan masalah menggunakan struktur kontrol perulangan.

Struktur Kontrol Perulangan
-    Perulangan dengan kondisi diawal
-    Perulangan dengan kondisi diakhir
-    Perulangan dengan kondisi diinputkan user
-    Perulangan dengan pernyataan continue
-    Perulangan dengan pernyataan break




Mengamati:
-    Pelbagai ragam contoh kode program dengan struktur kontrol perulangan
Menanya:
-    Pelbagai penulisan kode program struktur  kontrol perulangan
Mengeksplorasi:
-    Membuat pelbagai kode program menggunakan struktur perulangan sesuai dengan algoritma yang telah dirumuskan
-    Melakukan kompilasi, eksekusi dan perbaikan kesalahan program.
Mengasosiasi:
-    Menyimpulkan pelbagai ragam struktur kontrol perulangan dalam program komputer sesuai dengan algoritma yang telah dirumuskan
Mengkomunikasikan:
-    Mempresentasikan hasil program komputer yang melibatkan struktur perulangan

Tugas:
-     Membuat pelbagai kode program menggunakan struktur kontrol perulangan sesuai dengan algoritma yang telah dirumuskan
Portopolio:
-     Laporan pembuatan kode program menggunakan struktur kontrol perulangan
Observasi:
-    checklist hasil pengamatan pelbagai ragam contoh kode program dengan struktur kontrol perulangan
Tes:
Tes tertulis dan praktek tentang konsep dan penerapan struktur kontrol perulangan


8 JP









-       Buku teks pelajaran

-       Buku panduan guru

-       Sams Teach Yourself C++ in 24 Hours, 2011, United States of America: Pearson Education, Inc

-       Qt Basic Curriculum, 2010, NICE (Nokia Indonesia Community Enthusiast)
3.8.Menerapkan keseluruhan konsep algoritma dalam penyelesaian masalah kompleks
4.8.Menganalisa kesalahan dalam program
Pengembangan Algoritma Aplikasi
-   Definisi
-   Analisa Pemecahan Masalah
-   Debugging dan  error handling
-   Studi kasus proyek aplikasi program komputer






Mengamati:
-    Rancangan algoritma untuk permasalahan yang komplek
-    Contoh debugging program komputer
Menanya:
-    Konsep desain dan analisa algoritma untuk penyelesaian permasalahan komplek
Mengeksplorasi:
-    Merumuskan permasalahan komplek sebagai studi kasus
-    Merancang aplikasi program komputer
-    Membuat kode program komputer (coding)
-    Debugging dan error handling program komputer
Mengasosiasi:
-   Menyimpulkan konsep desain dan analisa algoritma untuk menyelesaikan permasalahan komplek
Mengkomunikasikan:
Mempresentasikan hasil rancangan, pembuatan kode program analisa dan perbaikan 
Tugas:
-     Merancang program komputer untuk permasalahan yang komplek
-     Membuat kode program komputer
-    Debugging dan error handling program komputer
Portopolio:
-     Laporan praktek perancangan  pembuatan dan analisa  program komputer
Observasi:
-    checklist hasil rancangan algoritma untuk permasalahan yang komplek dan contoh debugging program komputer
Tes:
Tes tertulis dan praktek tentang desain program komputer,  debugging dan error handling program komputer

8 JP








-       Buku teks pelajaran

-       Buku panduan guru

-       Sutedjo, budi, Algoritma dan  Teknik Pemrograman, Penerbit ANDI, Yogyakarta, 2009.  

-       Munir, Rinaldi, Algoritma dan pemrograman dalam bahasa Pascal dan C, Informatika Bandung, 2011

-       Sams Teach Yourself C++ in 24 Hours, 2011, Pearson Education, Inc, United States of America

-       Qt Basic Curriculum, 2011, NICE (Nokia Indonesia Community Enthusiast)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar