SILABUS MATA PELAJARAN PEMROGRAMAN DASAR
(DASAR BIDANG KEAHLIAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI)
(DASAR BIDANG KEAHLIAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI)
Satuan
Pendidikan : SMK/MAK
Kelas :
X (Sepuluh)
Kompetensi
Inti* :
KI 1 :
Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 :
Menghayati dan Mengamalkan
perilaku jujur, disiplin,tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama,
toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukan sikap sebagai
bagian dari solusi atas pelbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 :
Memahami, menerapkan dan
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, dan procedural berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk
memecahkan masalah.
KI 4 :
Mengolah, menalar, dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari
yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas
spesifik di bawah pengawasan langsung.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran*
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1.Memahami
nilai-nilai keimanan dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas
alam dan jagad raya terhadap
kebesaran Tuhan yang menciptakannya.
1.2.Mendiskripsikan
kebesaran Tuhan yang menciptakan
Pelbagai sumber energi di alam.
1.3.Mengamalkan
nilai-nilai keimanan sesuai dengan ajaran agamanya dalam kehidupan
sehari-hari
|
|
||||
2.1.Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli
lingkungan) dalam aktivitas sehari- hari sebagai wujud implementasi
sikap dalam melakukan percobaan
dan berdiskusi
2.2.Menghargai
kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi
melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
|
|||||
3.1.Memahami penggunaan data dalam algoritma dan konsep algoritma pemrograman
4.1.Menggunakan algoritma pemrograman untuk
memecahkan permasalahan
|
Algoritma
Pemrograman
- Konsep
algoritma
- Struktur algoritma
- algoritma menggunakan bahasa natural
- Pengenalan Variabel
- Pengenalan tipe data
- Pengenalan operator
- Pseudocode
- Flowchart
- Penggunaan Tool flowchart
|
Mengamati:
- Pelbagai contoh
penerapan algoritma dasar dalam
kehidupan sehari-hari
- Karakteristik tipe data
Menanya:
- Rumusan masalah
terkait penerapan algoritma sederhana
- Logika penyelesaian masalah dengan struktur
algoritma
Mengeksplorasi:
- Membuat
algoritma sederhana untuk menyelesaikan permasalahan
menggunakan bahasa natural, flowchart
dan pseudocode
Mengasosiasi:
-
Menyimpulkan konsep algorima (bahasa natural, flowchart
dan pseudocode) untuk menyelesaikan permasalahan
Mengkomunikasikan:
- Mempresentasikan algoritma
penyelesaian permasalahan
|
Tugas:
-
Membuat algoritma sederhana (bahasa natural, pseudocode dan flowchart)
untuk menyelesaikan permasalahan dalam
kehidupan sehari-hari.
Portopolio:
-
Laporan praktek membuat
algoritma pemecahan masalah menggunakan bahasa
natural, flowchart dan pseudocode.
Observasi:
-
Checklist hasil pengamatan Pelbagai contoh algoritma
Tes:
-
Tes tertulis dan praktek tentang
konsep algoritma,
pseudocode, flowchart
|
16
JP
|
-
Buku teks pelajaran
-
Buku panduan guru
-
Sutedjo, budi, Algoritma
dan Teknik Pemrograman, Penerbit ANDI, Yogyakarta,
2009.
-
Munir, Rinaldi, Algoritma dan pemrograman dalam bahasa Pascal dan C,
Informatika Bandung, 2011
|
3.2.Memahami
struktur algoritma serta menganalisis data dalam suatu algoritma percabangan
4.2.Menggunakan
algoritma percabangan untuk
memecahkan permasalahan
|
Algoritma percabangan
- Percabangan
1 kondisi
- Percabangan
2 kondisi
- Percabangan
lebih dari 2 kondisi
- Percabangan
bersarang
|
Mengamati:
- Pelbagai contoh
penerapan algoritma
percabangan 1, 2, lebih
dari 2 kondisi dan percabangan
bersarang
Menanya:
- Rumusan masalah terkait algoritma percabangan
1, 2, lebih dari 2 kondisi dan
percabangan bersarang
- Alur penyelesaian masalah dengan algoritma
percabangan.
Mengeksplorasi:
- Membuat
algoritma penyelesaian masalah percabangan 1, 2, lebih dari 2 kondisi, serta percabangan
bersarang
Mengasosiasi:
- Menyimpulkan
penerapan algoritma percabangan untuk memecahkan
masalah
- Menganalisa algoritma percabangan dengan
Pelbagai data
Mengkomunikasikan:
- Mempresentasikan
algoritma penyelesaian masalah percabangan
|
Tugas:
-
Membuat algoritma (pseudocode
dan flowchart) untuk menyelesaikan
permasalahan menggunakan logika percabangan
1, 2, lebih dari 2 kondisi,
serta percabangan bersarang.
Portopolio:
-
Laporan praktikum algoritma percabangan
1, 2, lebih dari 2 kondisi, dan percabangan
bersarang
Observasi:
-
Checklist hasil pengamatan contoh algoritma percabangan
Tes:
-
Tes tertulis dan praktek tentang
konsep algoritma percabangan
1, 2 lebih dari 2 kondisi, dan percabangan
bersarang
|
12
JP
|
-
Buku teks pelajaran
-
Buku panduan guru
-
Sutedjo, budi, Algoritma
dan Teknik Pemrograman, Penerbit ANDI, Yogyakarta,
2009.
-
Munir, Rinaldi, Algoritma dan pemrograman dalam bahasa Pascal dan C,
Informatika Bandung, 2011
|
3.3.Memahami
struktur algoritma serta menganalisa data dalam suatu algoritma perulangan
4.3.Memecahkan
permasalahan dengan algoritma
perulangan
|
Algoritma perulangan
- Perulangan
dengan kondisi diawal
- Perulangan
dengan kondisi diakhir
- Perulangan
dengan kondisi akhir diinputkan user
- Perulangan sebagai pencacah naik
- Perulangan sebagai pencacah turun.
|
Mengamati:
-
Pelbagai ragam contoh penerapan algoritma perulangan
Menanya:
-
Rumusan masalah dan logika penyelesaian masalah menggunakan algoritma perulangan
Mengeksplorasi:
- Membuat
pelbagai algoritma
penyelesaian masalah
menggunakan logika perulangan
Mengasosiasi:
- Menyimpulkan
penerapan algoritma perulangan untuk menyelesaikan
masalah
- Menganalisa algoritma perulangan dengan
Pelbagai macam data
Mengkomunikasikan:
- Mempresentasikan
pelbagai ragam algoritma penyelesaian masalah menggunakan
logika perulangan
|
Tugas:
-
Membuat algoritma (pseudocode
dan flowchart) untuk menyelesaikan
permasalahan menggunakan logika perulangan
Portopolio:
-
Laporan praktikum algoritma perulangan
Observasi:
-
checklist
hasil pengamatan Pelbagai
ragam contoh penerapan algoritma perulangan
Tes:
-
Tes tertulis dan praktek algoritma perulangan
|
12
JP
|
-
Buku teks pelajaran
-
Buku panduan guru
-
Sutedjo, budi, Algoritma
dan Teknik Pemrograman, Penerbit ANDI, Yogyakarta,
2009.
-
Munir, Rinaldi, Algoritma dan pemrograman dalam bahasa Pascal dan C,
Informatika Bandung, 2011
|
3.4.Menerapkan bahasa pemrograman
4.4.Mengolah algoritma ke dalam bentuk kode program komputer
|
Bahasa
pemrograman
- Pengenalan bahasa pemrograman
- Pengenalan tools/framework pengembangan program
- Instalasi tools bahasa pemrograman
- Struktur bahasa pemrograman
- Standar output dalam bahasa pemrograman
- Standar Input
dalam bahasa pemrograman
- Kompilasi dan eksekusi program
- Perbaikan kesalahan
|
Mengamati:
- Framework bahasa pemrograman
- Instalasi tools bahasa pemrograman
- Pelbagai contoh kode
program dalam bahasa pemrograman
Menanya:
- Struktur penulisan program dalam bahasa
pemrograman
- Proses kompilasi dan eksekusi program
Mengeksplorasi:
- Melakukan instalasi bahasa pemrograman
- Membuat
kode program dengan algoritma sederhana
- Melakukan kompilasi, eksekusi dan perbaikan
kesalahan program
Mengasosiasi:
- Menyimpulkan
penerapan struktur penulisan program dan algoritma
dasar dalam pembuatan program komputer sederhana.
Mengkomunikasikan:
Membuat laporan dan presentasi program.
|
Tugas:
- Membuat
kode program
sederhana sesuai dengan algoritma yang telah dirumuskan sesuai standar input dan output
- Mengkompilasi, mengeksekusi
kode dan perbaikan program
Portopolio:
- Laporan
pembuatan kode program sesuai dengan algoritma yang telah dirumuskan sesuai standar input dan output.
Observasi:
- checklist
hasil pengamatan
Tes:
Tes
tertulis dan praktek tentang
konsep dan penerapan bahasa pemrograman dalam program sederhana
|
8
JP
|
-
Buku teks pelajaran
-
Buku panduan guru
-
Sams Teach Yourself C++ in 24 Hours, 2011,
United States of America: Pearson Education, Inc
-
Qt Basic Curriculum, 2011, NICE
(Nokia Indonesia Community Enthusiast)
|
3.5.Menerapkan
penggunaan tipe data, variabel,
konstanta, operator dan ekspresi
4.5.Mengolah
data menggunakan konsep tipe data, variabel, konstanta, operator dan ekspresi.
|
Tipe Data, Variabel, Operator dan Ekspresi
-
Tipe data, variabel dan konstanta
-
Operator dan ekspresi
|
Mengamati:
- Pelbagai ragam contoh
kode program yang melibatkan tipe
data, variabel, konstanta, operator dan ekspresi
Menanya:
-
Ragam tipe data, variabel, konstanta, operator, ekspresi dan
karakteristiknya
Mengeksplorasi:
- Membuat
pelbagai kode
program menggunakan ragam tipe
data, variabel, kontanta, operator dan ekspresi sesuai algoritma sederhana.
- Melakukan kompilasi, eksekusi dan perbaikan
kesalahan program
Mengasosiasi:
-
Menyimpulkan penggunaan tipe data, variabel, konstanta,
operator dan ekspresi
dalam program komputer sederhana
Mengkomunikasikan:
Membuat laporan dan mempresentasikan
hasil program komputer
|
Tugas:
-
Membuat kode program komputer menggunakan pelbagai ragam tipe
data, variabel konstanta, operator dan
ekspresi.
Portopolio:
- Laporan
pembuatan kode program
menggunakan pelbagai ragam tipe data,
variabel, konstanta, operator dan ekspresi sesuai dengan algoritma sederhana.
Observasi:
-
checklist
hasil pengamatan pelbagai
ragam contoh kode program
Tes:
Tes
tertulis tentang penggunaan tipe
data, variabel, konstanta, operator dan ekspresi.
|
4
JP
|
-
Buku teks pelajaran
-
Buku panduan guru
-
Sams Teach Yourself C++ in 24 Hours, 2011,
United States of America: Pearson Education, Inc
-
Qt Basic Curriculum, 2011, NICE
(Nokia Indonesia Community Enthusiast)
|
3.6.Menerapkan
struktur kontrol percabangan
dalam bahasa pemrograman
4.6.Memecahkan
masalah menggunakan struktur
kontrol percabangan
|
Struktur
Kontrol Percabangan
- Percabangan
1 kondisi
- Percabangan
2 kondisi
- Percabangan
lebih dari 2 kondisi
- Percabangan
bersarang
|
Mengamati:
- Pelbagai contoh kode
program dengan struktur kontrol percabangan.
Menanya:
- Pelbagai strukur penulisan kontrol
percabangan 1, 2, lebih dari 2 konsisi dan bersarang.
Mengeksplorasi:
- Membuat
pelbagai kode
program menggunakan struktur percabangan sesuai
dengan algoritma yang telah dirumuskan.
- Melakukan kompilasi, eksekusi dan perbaikan
kesalahan program
Mengasosiasi:
-
Menyimpulkan penerapan algoritma dan struktur kontrol percabangan 1, 2, lebih dari 2 konsisi dan
bersarang dalam program komputer
Mengkomunikasikan:
Mempresentasikan hasil program komputer yang melibatkan struktur percabangan
|
Tugas:
- Membuat
kode program menggunakan struktur kontrol percabangan
Portopolio:
- Laporan
pembuatan kode program menggunakan struktur kontrol percabangan sesuai
dengan algoritma yang telah dirumuskan
Observasi:
- Checklist
hasil pengamatan pelbagai contoh
kode program dengan struktur kontrol percabangan.
Tes:
Tes
tertulis dan praktek tentang
konsep dan penerapan struktur percabangan
|
8
JP
|
-
Buku teks pelajaran
-
Buku panduan guru
-
Sams Teach Yourself C++ in 24 Hours, 2011,
United States of America: Pearson Education, Inc
-
Qt Basic Curriculum, 2011, NICE
(Nokia Indonesia Community Enthusiast)
|
3.7.Menerapkan
struktur kontrol perulangan dalam bahasa pemrograman.
4.7.Memecahkan
masalah menggunakan struktur
kontrol perulangan.
|
Struktur
Kontrol Perulangan
- Perulangan
dengan kondisi diawal
- Perulangan
dengan kondisi diakhir
- Perulangan
dengan kondisi diinputkan user
- Perulangan dengan pernyataan continue
- Perulangan dengan pernyataan break
|
Mengamati:
- Pelbagai ragam contoh
kode program dengan struktur kontrol perulangan
Menanya:
-
Pelbagai penulisan kode program struktur
kontrol perulangan
Mengeksplorasi:
- Membuat
pelbagai kode program menggunakan
struktur
perulangan sesuai dengan algoritma yang
telah dirumuskan
- Melakukan kompilasi, eksekusi dan perbaikan
kesalahan program.
Mengasosiasi:
- Menyimpulkan pelbagai ragam struktur kontrol perulangan
dalam program komputer sesuai dengan algoritma yang telah dirumuskan
Mengkomunikasikan:
- Mempresentasikan
hasil program komputer
yang melibatkan struktur perulangan
|
Tugas:
- Membuat
pelbagai kode
program menggunakan struktur
kontrol perulangan sesuai dengan algoritma yang telah dirumuskan
Portopolio:
- Laporan
pembuatan kode program menggunakan struktur kontrol perulangan
Observasi:
- checklist
hasil pengamatan pelbagai
ragam contoh kode program dengan struktur kontrol perulangan
Tes:
Tes
tertulis dan praktek tentang
konsep dan penerapan struktur kontrol perulangan
|
8
JP
|
-
Buku teks pelajaran
-
Buku panduan guru
-
Sams Teach Yourself C++ in 24 Hours, 2011,
United States of America: Pearson Education, Inc
-
Qt Basic Curriculum, 2010, NICE
(Nokia Indonesia Community Enthusiast)
|
3.8.Menerapkan keseluruhan
konsep algoritma
dalam penyelesaian masalah kompleks
4.8.Menganalisa
kesalahan dalam program
|
Pengembangan Algoritma Aplikasi
-
Definisi
-
Analisa Pemecahan Masalah
-
Debugging dan error handling
-
Studi kasus proyek aplikasi program komputer
|
Mengamati:
- Rancangan algoritma untuk permasalahan yang
komplek
- Contoh
debugging program komputer
Menanya:
-
Konsep desain dan analisa algoritma untuk penyelesaian
permasalahan komplek
Mengeksplorasi:
- Merumuskan permasalahan komplek sebagai
studi kasus
- Merancang aplikasi program komputer
- Membuat kode program komputer (coding)
- Debugging
dan error handling program
komputer
Mengasosiasi:
- Menyimpulkan konsep desain dan analisa algoritma untuk
menyelesaikan permasalahan komplek
Mengkomunikasikan:
Mempresentasikan
hasil rancangan, pembuatan kode program analisa dan perbaikan
|
Tugas:
- Merancang program komputer untuk
permasalahan yang komplek
- Membuat kode program komputer
- Debugging
dan error handling program
komputer
Portopolio:
- Laporan
praktek perancangan
pembuatan dan analisa program
komputer
Observasi:
- checklist
hasil rancangan algoritma untuk permasalahan yang
komplek dan contoh debugging program komputer
Tes:
Tes
tertulis dan praktek tentang desain program
komputer, debugging
dan error handling program
komputer
|
8
JP
|
-
Buku teks pelajaran
-
Buku panduan guru
-
Sutedjo, budi, Algoritma
dan Teknik Pemrograman, Penerbit ANDI, Yogyakarta,
2009.
-
Munir, Rinaldi, Algoritma dan pemrograman dalam bahasa Pascal dan C,
Informatika Bandung, 2011
-
Sams Teach Yourself C++ in 24 Hours, 2011,
Pearson Education, Inc, United States of America
-
Qt Basic Curriculum, 2011, NICE
(Nokia Indonesia Community Enthusiast)
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar