SILABUS MATA
PELAJARAN SISTEM KOMPUTER
(DASAR
BIDANG KEAHLIAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI)
Satuan Pendidikan : SMK/MAK
Kelas / Semester : XI
Kompetensi Inti
KI-1.
|
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
|
KI-2.
|
Menghayati
dan Mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong
royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan
menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
|
KI-3.
|
Memahami, menerapkan dan menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
|
KI-4.
|
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif dan mampu melaksanakan tugas spesifik dibawah pengawasan langsung.
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1
Memahami nilai-nilai keimanan
dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya
terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya
1.2
Mendeskripsikan kebesaran Tuhan
yang menciptakan berbagai sumber energi di alam
1.3
Mengamalkan nilai-nilai keimanan
sesuai dengan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari
|
|||||
2.1.
Menunjukkan perilaku ilmiah
(memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati;
bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan)
dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan
percobaan dan berdiskusi
2.2.
Menghargai kerja individu dan
kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan
percobaan dan melaporkan hasil percobaan
|
|||||
3.1. Memahami sistem input-proses-output
4.1. Merencanakan dan membuat perangkat input – output dengan
menggunakan modul I/O terprogram
|
Sistem Input-Proses-Output
· Sistem, fungsi, dan struktur masukan
· Teknik input-output
· Perangkat pemroses
· Sistem, fungsi, dan struktur keluaran
· Modul Input
Output (I/O) terprogram ( PPI )
|
Mengamati
Tayangan /gambar tentang input-proses-output pada
sistem komputer
Menanya
Mengajukan pertanyaan terkait tayangan/gambar atau teks
pembelajaran tentang sistem input-proses-output
Mengeksplorasi
·
Membuat gambar (diagram) hubungan antara unit input, unit pemroses, dan unit
output
·
Mengeksplorasi sistem, fungsi, dan struktur masukan/keluaran
· Mengeksplorasi unit pemroses
·
Mengeksplorasi teknik input-output
·
Mengeksplorasi modul input-output terprogram
Mengasosiasi
· Mengelompokkan bagian input, bagian
pemroses, dan bagian output dalam sistem komputer
· Menganalisis rangkaian modul input-output
terprogram
Mengkomunikasikan
Menyampaikan hasil analisis dalam bentuk gambar modul
input-output terprogram
|
Tugas
Menyelesaikan
masalah tentang unit masukan dan keluaran
Observasi
Mengamati
kegiatan/aktivitas siswa secara individu dan dalam diskusi dengan checklist
lembar pengamatan atau dalam bentuk lain
Portofolio
Membuat Laporan dalam bentuk tulisan dan gambar
Tes
Pilihan
Ganda, Essay
|
8
JP
|
William
Stalling, [1997] Organisasi dan Arsitektur Komputer, Perancangan Kinerja, Edisi Bahasa
Indonesia, PT Prenhallindo.
John L
Hennessy, [1997] Computer Organization and Design, Second Edition, Morgan
Kaufmann
|
3.2.
Memahami
Perangkat Eksternal/Peripheral
4.2.
Merangkai perangkat eksternal dengan console
unit
|
Perangkat Eksternal/Peripheral
· Peripheral Input (keyboard, mouse,
touchscreen,barcode reader, image scanner, webcam)
· Peripheral Output (monitor, LCD, printer, plotter)
· Peripheral Storage (external hard drive, flash drive, disk
drive, CD/DVD ROM drive)
· Peripheral Input/Output (modem, NIC)
|
Mengamati
Tayangan/gambar atau demonstrasi tentang Perangkat
External/Peripheral
Menanya
Mengajukan pertanyaan terkait tayangan, gambar,
demonstrasi atau teks pembelajaran tentang Perangkat Eksternal/Peripheral
Mengeksplorasi
·
Mengesksplorasi Peripheral Iput
·
Mengesksplorasi Peripheral Output
·
Mengesksplorasi Peripheral Storage
·
Mengesksplorasi Peripheral Iput/Output
·
Menghubungkan perangkat-perangkat eksternal dengan sistem komputer
·
Meng-install driver sesuai dengan perangkat eksternal
Mengasosiasi
Menganalisis Peripheral sesuai dengan fungsinya (Input,
Output, Storage, Input/Output)
Mengkomunikasikan
Menyampaikan hasil analisis dalam bentuk gambar
|
Tugas
Menyelesaikan
masalah tentang Perangkat External/Peripheral
Observasi
Mengamati
kegiatan/aktivitas siswa secara individu dan dalam diskusi dengan checklist
lembar pengamatan atau dalam bentuk lain
Portofolio
Membuat Laporan dalam bentuk tulisan dan gambar
Tes
Pilihan
Ganda, Essay
|
8
JP
|
William
Stalling, [1997] Organisasi dan Arsitektur Komputer, Perancangan Kinerja, Edisi Bahasa
Indonesia, PT Prenhallindo.
John L
Hennessy, [1997] Computer Organization and Design, Second Edition, Morgan
Kaufmann
|
3.3.
Memahami
struktur dan Interkoneksi Bus.
4.3.
Menggunakan struktur dan interkoneksi bus untuk
membuat jaringan
|
Struktur dan Interkoneksi Bus
· Jenis dan fungsi masing-masing Bus
· Sistem
bus (Address, Data, Control Bus)
· Skema interkoneksi bus ( hubunngan antara
CPU, Memori, dan Input-Output dalam bentuk minimal sistem )
|
Mengamati
Tayangangambar tentang
Struktur dan Interkoneksi Bus
Menanya
Mengajukan pertanyaan terkait tayangan/gambar atau teks pembelajaran tentang Struktur
dan interkoneksi bus
Mengeksplorasi
· Membuat Skema interkoneksi bus (hubunngan
antara CPU, Memori, dan Input-Output dalam bentuk minimal sistem)
·
Mengeksplorasi sistem dan fungsi bus
Mengasosiasi
Mengelompokkan dan menganalisis sistem bus sesuai
dengan fungsinya ( data,address dan control bus )
Mengkomunikasikan
Mempresentasikan skema interkoneksi bus ( hubunngan
antara CPU, Memori, dan Input-Output dalam bentuk minimal sistem )
|
Tugas
Menyelesaikan
masalah Struktur dan Interkoneksi bus
Observasi
Mengamati
kegiatan/aktivitas siswa secara individu dan dalam diskusi dengan checklist
lembar pengamatan atau dalam bentuk lain
Portofolio
Membuat Laporan dalam bentuk tulisan dan gambar
Tes
Pilihan
Ganda, Essay
|
8
JP
|
William
Stalling, [1997] Organisasi dan Arsitektur Komputer, Perancangan Kinerja, Edisi Bahasa
Indonesia, PT Prenhallindo.
John L
Hennessy, [1997] Computer Organization and Design, Second Edition, Morgan
Kaufmannda
|
3.4.
Memahami
dan menganalisis
kaidah dan simbol-simbol yang digunakan pada
flowchart atau struktogram
4.4.
Menggunakan kaidah dan simbol-simbol yang
digunakan pada flowchart atau struktogram untuk memecahkan masalah
|
Kaidah dan simbol-simbol yang digunakan pada Flowchart atau Struktogram
· Simbol blok dan fungsinya
· Simbol cabang tunggal dan fungsinya
· Simbol cabang rangkap dan fungsinya
· Simbol pengulangan bersyarat (tanpa syarat) dan fungsinya
· Simbol program bagian (subroutine) dan
fungsinya
· Penerapan simbol atau simbol-simbol untuk
memecahkan masalah (dimulai dari kasus sehari-hari )
|
Mengamati
Tayangan proses pemacahan masalah ( contoh kasus )
dengan menggunakan simbol-simbol flowchart atau struktogram
Menanya
Mengajukan pertanyaan terkait tayangan proses pemacahan
masalah ( contoh kasusu ) dengan menggunakan simbol-simbol flowchart atau
struktogram
Mengeksplorasi
Mengeksplorasi simbol-simbol
yang digunakan pada flowchart atau struktogram
Mengasosiasi
Mengelompokkan dan menganalisa simbol-simbol yang
digunakan dalam flowchart atau struktogram
Mengkomunikasikan
Menyampaikan hasil pemecahan masalah dalam bentuk flowchart
atau struktogram
|
Tugas
Menyelesaikan
masalah dengan menggunakan flowchart/struktogram
Observasi
Mengamati
kegiatan/aktivitas siswa secara individu dan dalam diskusi dengan checklist
lembar pengamatan atau dalam bentuk lain
Portofolio
Membuat Laporan dalam bentuk tulisan dan flowchart
atau struktogram
Tes
Pilihan
Ganda, Essay
|
8
JP
|
William
Stalling, [1997] Organisasi dan Arsitektur Komputer, Perancangan Kinerja, Edisi Bahasa
Indonesia, PT Prenhallindo.
John L
Hennessy, [1997] Computer Organization and Design, Second Edition, Morgan
Kaufmann
|
3.5. Memahami
organisasi prosesor, register, dan siklus instruksi (fetching, decoding,
executing)
4.5. Menggunakan
organisasi prosesor, register dan siklus
instruksi (fetching, decoding, executing) untuk memecahkan masalah
|
Organisasi Prosesor, Register, dan Siklus Instruksi
·
Fetching
·
Decoding
·
Executing
|
Mengamati
Tayangan flowchart atau struktogram proses fetching,
decoding, dan executing
Menanya
Mengajukan pertanyaan terkait tayangan tentang
organisasi prosesor, register dan siklus instruksi
Mengeksplorasi
Mengeksplorasi siklus fetching, decoding, dan executing
menggunakan gambar minimal sistem komputer
Mengasosiasi
Menganalisis proses yang terjadi di Program Counter,
Instruction Register, dan Control Unit pada saat siklus instruksi berlangsung
Mengkomunikasikan
Menyampaikan hasil pemecahan masalah yang dituangkan kedalam
flowchart/struktogram
|
Tugas
Menyelesaikan masalah berkaitan dengan organisasi
prosesor, register, dan siklus instruksi (fetching, decoding, executing)
Observasi
Mengamati
kegiatan/aktivitas siswa secara individu dan dalam diskusi dengan checklist
lembar pengamatan atau dalam bentuk lain
Portofolio
Membuat
Laporan dalam bentuk flowchart/struktogram
Tes
Pilihan
Ganda, Essay
|
8
JP
|
William
Stalling, [1997] Organisasi dan Arsitektur Komputer, Perancangan Kinerja, Edisi Bahasa
Indonesia, PT Prenhallindo.
John L
Hennessy, [1997] Computer Organization and Design, Second Edition, Morgan
Kaufmann
|
3.6. Memahami Struktur CPU dan fungsi CPU
4.6. Membuat rangkaian
internal CPU
|
Struktur dan Fungsi CPU
·
Struktur CPU (ALU, Control Unit dan Register)
·
ALU
·
Control Unit
· Register
Internal (Program Counter, Accumulator, Index Register, Stack Pointer)
|
Mengamati
Tayangan tentang
Struktur
dan Fungsi CPU
Menanya
Mengajukan pertanyaan terkait tayangan atau teks
pembelajaran atau hal-hal yang berhubungan dengan Struktur
dan Fungsi CPU
Mengeksplorasi
·
Mengeksplorasi Struktur CPU dan fungsi masing-masing
·
Mengeksplorasi ALU
· Mengeksplorasi Control Unit
·
Mengeksplorasi Register Internal
Mengasosiasi
· Mengelompokkan bagian-bagian
/komponen Register Internal
· Menganalisis fungsi masing-masing
register internal
Mengkomunikasikan
Menyajikan hasil yang berupa gambar tentang
rangkaian internal CPU
|
Tugas
Menyelesaikan
masalah tentang Organisasi
Processor
Observasi
Mengamati
kegiatan/aktivitas siswa secara individu dan dalam diskusi dengan checklist
lembar pengamatan atau dalam bentuk lain
Portofolio
Membuat Laporan dalam bentuk tulisan dan gambar
Tes
Pilihan
Ganda, Essay
|
6
JP
|
William
Stalling, [1997] Organisasi dan Arsitektur Komputer, Perancangan Kinerja, Edisi Bahasa
Indonesia, PT Prenhallindo.
|
3.7. Memahami karakteristik Set Instruksi (operand dan operasi)
4.7. Menggunakan set
instruksi (operand dan operasi) untuk memecahkan masalah
|
Karakteristik Set Instruksi
· Element-element
Instruksi (Op Code, Source Operand, Result Operand, Next Instruction
Reference)
· Tipe-Tipe
Instruksi (Data Processing, Data Storage, Data Movement, Program Flow
Control)
· Tipe-Tipe
Operand (Address, Numbers, Characters, Logical Data)
· Tipe-Tipe
Operasi (Data Transfer, Arithmetic, Logical, Conversion, I/O, System Control,
Transfer of Control)
· Instruksi
Percabangan
· Memacahkan
masalah ( contoh-contoh kasus ) yang dimulai dengan flowchart atau
struktogram, listing program
|
Mengamati
Tayangan tentang
Karakteristik
Set Instruksi
Menanya
Mengajukan pertanyaan terkait tayangan atau simulasi
atau hal-hal yang berhubungan dengan Karakteristik
Set Instruksi
Mengeksplorasi
Mengeksplorasi
tentang Karakteristik Set Instruksi
Mengasosiasi
· Mengelompokkan Element-element
instruksi
· Mengelompokkan Tipe-tipe
Instruksi
· Mengelompokkan Tipe-tipe
Operand
· Mengelompokkan Tipe-tipe
Operasi
Mengkomunikasikan
Menyajikan hasil
pemecahan masalah dalam bentuk flowchart
atau struktogram, dan listing
program
|
Tugas
Menyelesaikan
masalah tentang Karakteristik Set
Instruksi
Observasi
Mengamati
kegiatan/aktivitas siswa secara individu dan dalam diskusi dengan checklist
lembar pengamatan atau dalam bentuk lain
Portofolio
Membuat Laporan dalam bentuk tulisan,
gambar
dan tabel
Tes
Pilihan
Ganda, Essay
|
14
JP
|
William
Stalling, [1997] Organisasi dan Arsitektur Komputer, Perancangan Kinerja, Edisi Bahasa
Indonesia, PT Prenhallindo.
Programmers Refference Manual CPU 68HC11 atau 68HC12
|
3.8. Memahami mode dan format pengalamatan
4.8. Menggunakan mode dan
format pengalamatan untuk memecahkan masalah
|
Mode dan Format Pengalamatan
·
Inhernt
· Immediate
· Direction
· Extended
· Indexed
· Mnemonic,
Operation, Machine Code, Addressing Mode
· Listing alamat, mnemonic, kode
mesin(OpCode), dan addressing mode
|
Mengamati
Tayangan
tentang Mode dan Format Pengalamatan
Menanya
Mengajukan pertanyaan terkait tayangan/teks
pembelajaran atau hal-hal yang berhubungan dengan Mode dan format pengalamatan
Mengeksplorasi
·
Mengeksplorasi mode dan
format pengalamatan
· Mengeksplorasi Address, Mnemonic,
Operation, Machine Code, Addressing Mode untuk memecahkan masalah ( contoh kasus )
Mengasosiasi
·
Mengelompokkan berbagai mode dan format pengalamatan
·
Menyimpulkan hasil perbandingan instruksi berdasar pada addressing mode
(Immediate, Direct, Extended, Inherent, Relative, dan Index)
Mengkomunikasikan
Menyajikan hasil pemecahan masalah dalam bentuk
Flowchart atau struktogram, Address, mnemonic, kode mesin
(OpCode), dan addressing mode
|
Tugas
Menyelesaikan
masalah tentang mode dan
format pengalamatan
Observasi
Mengamati
kegiatan/aktivitas siswa secara individu dan dalam diskusi dengan checklist
lembar pengamatan atau dalam bentuk lain
Portofolio
Membuat Laporan dalam bentuk tulisan,
gambar
dan tabel
Tes
Pilihan
Ganda, Essay
|
16
JP
|
Programmers Refference Manual CPU 68HC11 atau 68HC12
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar