Breaking

Kamis, 23 November 2017

SILABUS MATA PELAJARAN SISTEM KOMPUTER

SILABUS MATA PELAJARAN SISTEM KOMPUTER
(DASAR BIDANG KEAHLIAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI)
                                                                                                                                   


Satuan Pendidikan      : SMK/MAK
Kelas / Semester                     : XI

Kompetensi Inti
KI-1.       
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI-2.       
Menghayati dan Mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI-3.       
Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
KI-4.       
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif dan mampu melaksanakan tugas spesifik dibawah pengawasan langsung.





Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1       Memahami nilai-nilai keimanan dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya
1.2       Mendeskripsikan kebesaran Tuhan yang menciptakan berbagai sumber energi di alam
1.3       Mengamalkan nilai-nilai keimanan sesuai dengan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari





2.1.   Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi
2.2.   Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan





3.1.     Memahami sistem input-proses-output
4.1.     Merencanakan dan membuat perangkat  input – output dengan menggunakan modul I/O terprogram



Sistem  Input-Proses-Output
·      Sistem, fungsi, dan struktur masukan
·      Teknik input-output
·      Perangkat pemroses
·      Sistem, fungsi, dan struktur keluaran
·      Modul Input Output (I/O) terprogram ( PPI )

Mengamati
Tayangan /gambar tentang input-proses-output pada sistem komputer

Menanya
Mengajukan pertanyaan terkait tayangan/gambar atau teks pembelajaran tentang sistem input-proses-output
Mengeksplorasi
·   Membuat gambar (diagram) hubungan antara unit input, unit pemroses, dan unit output
·   Mengeksplorasi sistem, fungsi, dan struktur masukan/keluaran
·    Mengeksplorasi unit pemroses
·    Mengeksplorasi teknik input-output
·    Mengeksplorasi modul input-output terprogram

Mengasosiasi
·  Mengelompokkan bagian input, bagian pemroses, dan bagian output dalam sistem komputer
·  Menganalisis rangkaian modul input-output terprogram

Mengkomunikasikan
Menyampaikan hasil analisis dalam bentuk gambar modul input-output terprogram
Tugas
Menyelesaikan masalah tentang unit masukan dan keluaran

Observasi
Mengamati kegiatan/aktivitas siswa secara individu dan dalam diskusi dengan  checklist  lembar pengamatan atau dalam bentuk lain

Portofolio
Membuat Laporan dalam bentuk tulisan dan gambar

Tes
Pilihan Ganda, Essay
8 JP

William Stalling, [1997] Organisasi dan Arsitektur Komputer,  Perancangan Kinerja, Edisi Bahasa Indonesia,  PT Prenhallindo.

John L Hennessy, [1997] Computer Organization and Design, Second Edition, Morgan Kaufmann
3.2.         Memahami Perangkat Eksternal/Peripheral
4.2.         Merangkai perangkat eksternal dengan console unit

Perangkat  Eksternal/Peripheral
·      Peripheral Input (keyboard, mouse, touchscreen,barcode reader, image scanner, webcam)
·      Peripheral Output (monitor, LCD, printer, plotter)
·      Peripheral Storage (external hard drive, flash drive, disk drive, CD/DVD ROM drive)
·      Peripheral Input/Output (modem, NIC)


Mengamati
Tayangan/gambar atau demonstrasi tentang Perangkat External/Peripheral

Menanya
Mengajukan pertanyaan terkait tayangan, gambar,
demonstrasi atau teks pembelajaran tentang Perangkat Eksternal/Peripheral


Mengeksplorasi
·   Mengesksplorasi Peripheral Iput
·   Mengesksplorasi Peripheral Output
·   Mengesksplorasi Peripheral Storage
·   Mengesksplorasi Peripheral Iput/Output
·   Menghubungkan perangkat-perangkat eksternal dengan sistem komputer
·   Meng-install driver sesuai dengan perangkat eksternal

Mengasosiasi
Menganalisis Peripheral sesuai dengan fungsinya (Input, Output, Storage, Input/Output)

Mengkomunikasikan
Menyampaikan hasil analisis dalam bentuk gambar
Tugas
Menyelesaikan masalah tentang Perangkat External/Peripheral

Observasi
Mengamati kegiatan/aktivitas siswa secara individu dan dalam diskusi dengan  checklist  lembar pengamatan atau dalam bentuk lain

Portofolio
Membuat Laporan dalam bentuk tulisan dan gambar

Tes
Pilihan Ganda, Essay
8 JP

William Stalling, [1997] Organisasi dan Arsitektur Komputer,  Perancangan Kinerja, Edisi Bahasa Indonesia,  PT Prenhallindo.

John L Hennessy, [1997] Computer Organization and Design, Second Edition, Morgan Kaufmann
3.3.          Memahami struktur dan Interkoneksi Bus.
4.3.          Menggunakan struktur dan interkoneksi bus untuk membuat jaringan

Struktur dan Interkoneksi Bus
·      Jenis dan fungsi masing-masing Bus
·      Sistem bus (Address, Data, Control Bus)
·      Skema interkoneksi bus ( hubunngan antara CPU, Memori, dan Input-Output dalam bentuk minimal sistem )


Mengamati
Tayangangambar tentang
Struktur dan Interkoneksi Bus

Menanya
Mengajukan pertanyaan terkait tayangan/gambar atau teks pembelajaran tentang Struktur dan interkoneksi bus

Mengeksplorasi
·    Membuat Skema interkoneksi bus (hubunngan antara CPU, Memori, dan Input-Output dalam bentuk minimal sistem)
·   Mengeksplorasi sistem dan fungsi bus

Mengasosiasi
Mengelompokkan dan menganalisis sistem bus sesuai dengan fungsinya ( data,address dan control bus )

Mengkomunikasikan
Mempresentasikan skema interkoneksi bus ( hubunngan antara CPU, Memori, dan Input-Output dalam bentuk minimal sistem )
Tugas
Menyelesaikan masalah Struktur dan Interkoneksi bus

Observasi
Mengamati kegiatan/aktivitas siswa secara individu dan dalam diskusi dengan  checklist  lembar pengamatan atau dalam bentuk lain


Portofolio
Membuat Laporan dalam bentuk tulisan dan gambar

Tes
Pilihan Ganda, Essay
8 JP

William Stalling, [1997] Organisasi dan Arsitektur Komputer,  Perancangan Kinerja, Edisi Bahasa Indonesia,  PT Prenhallindo.

John L Hennessy, [1997] Computer Organization and Design, Second Edition, Morgan Kaufmannda
3.4.          Memahami dan menganalisis kaidah dan simbol-simbol yang digunakan pada flowchart atau struktogram
4.4.          Menggunakan kaidah dan simbol-simbol yang digunakan pada flowchart atau struktogram untuk memecahkan masalah

Kaidah dan simbol-simbol yang digunakan pada Flowchart atau Struktogram
·      Simbol blok dan fungsinya
·      Simbol cabang tunggal  dan fungsinya
·      Simbol cabang rangkap  dan fungsinya
·      Simbol pengulangan bersyarat (tanpa syarat) dan fungsinya
·      Simbol program bagian (subroutine) dan fungsinya
·      Penerapan simbol atau simbol-simbol untuk memecahkan masalah (dimulai dari kasus sehari-hari )

Mengamati
Tayangan proses pemacahan masalah ( contoh kasus ) dengan menggunakan simbol-simbol flowchart atau struktogram

Menanya
Mengajukan pertanyaan terkait tayangan proses pemacahan masalah ( contoh kasusu ) dengan menggunakan simbol-simbol flowchart atau struktogram

Mengeksplorasi
Mengeksplorasi simbol-simbol yang digunakan pada flowchart atau struktogram

Mengasosiasi
Mengelompokkan dan menganalisa simbol-simbol yang digunakan dalam flowchart atau struktogram
Mengkomunikasikan
Menyampaikan hasil pemecahan masalah dalam bentuk flowchart atau struktogram
Tugas
Menyelesaikan masalah dengan menggunakan flowchart/struktogram

Observasi
Mengamati kegiatan/aktivitas siswa secara individu dan dalam diskusi dengan  checklist  lembar pengamatan atau dalam bentuk lain

Portofolio
Membuat Laporan dalam bentuk tulisan dan flowchart atau struktogram

Tes
Pilihan Ganda, Essay
8 JP

William Stalling, [1997] Organisasi dan Arsitektur Komputer,  Perancangan Kinerja, Edisi Bahasa Indonesia,  PT Prenhallindo.

John L Hennessy, [1997] Computer Organization and Design, Second Edition, Morgan Kaufmann
3.5.      Memahami organisasi prosesor, register, dan siklus instruksi (fetching, decoding, executing)
4.5.      Menggunakan organisasi prosesor, register dan siklus instruksi (fetching, decoding, executing) untuk memecahkan masalah


Organisasi Prosesor, Register, dan Siklus Instruksi
·      Fetching
·      Decoding
·      Executing

Mengamati
Tayangan flowchart atau struktogram proses fetching, decoding, dan executing

Menanya
Mengajukan pertanyaan terkait tayangan tentang organisasi prosesor, register dan siklus instruksi

Mengeksplorasi
Mengeksplorasi siklus fetching, decoding, dan executing menggunakan gambar minimal sistem komputer

Mengasosiasi
Menganalisis proses yang terjadi di Program Counter, Instruction Register, dan Control Unit pada saat siklus instruksi berlangsung

Mengkomunikasikan
Menyampaikan hasil pemecahan masalah yang dituangkan kedalam flowchart/struktogram
Tugas
Menyelesaikan masalah berkaitan dengan organisasi prosesor, register, dan siklus instruksi (fetching, decoding, executing)

Observasi
Mengamati kegiatan/aktivitas siswa secara individu dan dalam diskusi dengan  checklist  lembar pengamatan atau dalam bentuk lain

Portofolio
Membuat Laporan dalam bentuk flowchart/struktogram

Tes
Pilihan Ganda, Essay
8 JP

William Stalling, [1997] Organisasi dan Arsitektur Komputer,  Perancangan Kinerja, Edisi Bahasa Indonesia,  PT Prenhallindo.

John L Hennessy, [1997] Computer Organization and Design, Second Edition, Morgan Kaufmann
3.6.      Memahami Struktur CPU dan fungsi CPU
4.6. Membuat rangkaian internal CPU

Struktur dan Fungsi CPU
·      Struktur CPU (ALU, Control Unit dan Register)
·      ALU
·      Control Unit
·      Register Internal (Program Counter, Accumulator, Index Register,  Stack Pointer)

Mengamati
Tayangan tentang
Struktur dan Fungsi CPU

Menanya
Mengajukan pertanyaan terkait tayangan atau teks pembelajaran atau hal-hal yang berhubungan dengan Struktur dan Fungsi CPU

Mengeksplorasi
·   Mengeksplorasi Struktur CPU dan fungsi masing-masing
·   Mengeksplorasi ALU
·    Mengeksplorasi Control Unit
·   Mengeksplorasi Register Internal

Mengasosiasi
·  Mengelompokkan bagian-bagian /komponen Register Internal
·  Menganalisis fungsi masing-masing register internal

Mengkomunikasikan
Menyajikan hasil yang berupa gambar tentang  rangkaian internal CPU
Tugas
Menyelesaikan masalah tentang Organisasi Processor


Observasi
Mengamati kegiatan/aktivitas siswa secara individu dan dalam diskusi dengan  checklist  lembar pengamatan atau dalam bentuk lain

Portofolio
Membuat Laporan dalam bentuk tulisan dan gambar

Tes
Pilihan Ganda, Essay
6 JP

William Stalling, [1997] Organisasi dan Arsitektur Komputer,  Perancangan Kinerja, Edisi Bahasa Indonesia,  PT Prenhallindo.

3.7.     Memahami karakteristik  Set Instruksi (operand dan operasi)
4.7. Menggunakan set instruksi (operand dan operasi) untuk memecahkan masalah

Karakteristik Set Instruksi
·      Element-element Instruksi (Op Code, Source Operand, Result Operand, Next Instruction Reference)
·      Tipe-Tipe Instruksi (Data Processing, Data Storage, Data Movement, Program Flow Control)
·      Tipe-Tipe Operand (Address, Numbers, Characters, Logical Data)
·      Tipe-Tipe Operasi (Data Transfer, Arithmetic, Logical, Conversion, I/O, System Control, Transfer of Control)
·      Instruksi Percabangan
·      Memacahkan masalah ( contoh-contoh kasus ) yang dimulai dengan flowchart atau struktogram, listing program

Mengamati
Tayangan tentang
Karakteristik Set Instruksi

Menanya
Mengajukan pertanyaan terkait tayangan atau simulasi atau hal-hal yang berhubungan dengan Karakteristik Set Instruksi

Mengeksplorasi
Mengeksplorasi tentang Karakteristik Set Instruksi


Mengasosiasi
·  Mengelompokkan Element-element instruksi
·  Mengelompokkan Tipe-tipe Instruksi
·  Mengelompokkan Tipe-tipe Operand
·  Mengelompokkan Tipe-tipe Operasi

Mengkomunikasikan
Menyajikan  hasil pemecahan masalah dalam bentuk flowchart atau struktogram, dan listing program
Tugas
Menyelesaikan masalah tentang Karakteristik Set Instruksi

Observasi
Mengamati kegiatan/aktivitas siswa secara individu dan dalam diskusi dengan  checklist  lembar pengamatan atau dalam bentuk lain

Portofolio
Membuat Laporan dalam bentuk tulisan, gambar  dan tabel

Tes
Pilihan Ganda, Essay
14 JP

William Stalling, [1997] Organisasi dan Arsitektur Komputer,  Perancangan Kinerja, Edisi Bahasa Indonesia,  PT Prenhallindo.

Programmers Refference Manual CPU 68HC11 atau 68HC12

3.8.      Memahami mode dan format pengalamatan
4.8. Menggunakan mode dan format pengalamatan untuk memecahkan masalah

Mode dan Format Pengalamatan
·      Inhernt
·      Immediate
·      Direction
·      Extended
·      Indexed
·      Mnemonic, Operation, Machine Code, Addressing Mode
·      Listing alamat, mnemonic, kode mesin(OpCode), dan addressing mode

Mengamati
Tayangan tentang Mode dan Format Pengalamatan

Menanya
Mengajukan pertanyaan terkait tayangan/teks pembelajaran atau hal-hal yang berhubungan dengan  Mode dan format pengalamatan

Mengeksplorasi
·    Mengeksplorasi mode dan format pengalamatan
·    Mengeksplorasi Address, Mnemonic, Operation, Machine Code, Addressing Mode untuk memecahkan masalah ( contoh kasus )

Mengasosiasi
·    Mengelompokkan berbagai mode dan format pengalamatan
·    Menyimpulkan hasil perbandingan instruksi berdasar pada addressing mode (Immediate, Direct, Extended, Inherent, Relative, dan Index)

Mengkomunikasikan
Menyajikan hasil pemecahan masalah dalam bentuk Flowchart atau struktogram, Address, mnemonic, kode mesin (OpCode), dan addressing mode
Tugas
Menyelesaikan masalah tentang mode dan format pengalamatan

Observasi
Mengamati kegiatan/aktivitas siswa secara individu dan dalam diskusi dengan  checklist  lembar pengamatan atau dalam bentuk lain

Portofolio
Membuat Laporan dalam bentuk tulisan, gambar  dan tabel

Tes
Pilihan Ganda, Essay
16 JP

Programmers Refference Manual CPU 68HC11 atau 68HC12



Tidak ada komentar:

Posting Komentar