Breaking

Kamis, 23 November 2017

SILABUS MATA PELAJARAN SIMULASI DIGITAL

SILABUS MATA PELAJARAN SIMULASI DIGITAL
(DASAR PROGRAMKEAHLIAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI)



Satuan Pendidikan      : SMK/MAK
Kelas                                        : X

Kompetensi Inti
KI-1.       
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI-2.       
Menghayati dan Mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),        santun, responsif dan proaktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi              secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI-3.       
Memahami,menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual dan prosedural berdasarkan rasa ingintahunya          tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan                peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
KI-4.       
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik dibawah pengawasan langsung.




Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1       Memahami nilai-nilai keimanan dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya
1.2       Mendeskripsikan kebesaran Tuhan yang menciptakan berbagai sumber energi di alam
1.3       Mengamalkan nilai-nilai keimanan sesuai dengan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari





2.1.   Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi
2.2.   Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan





3.1.        Memahami komunikasi dalam jaringan (daring-online)
4.1.        Menyajikan hasil pemahaman tentang komunikasi dalam jaringan (daring-online)


Komunikasi dalam jaringan (daring/online)
·         Pengertian komunikasi dalam jaringan
·         Jenis komunikasi dalam jaringan
·         Tujuan komunikasi dalam jaringan
·         Fungsi komunikasi dalam jaringan
·         Komponen pendukung komunikasi dalam jaringan

Mengamati
Mengamati pelbagai komunikasi dalam jaringan (daring/online)

Menanya
·    Mendiskusikan pengertian komunikasi dalam jaringan
·    Mendiskusikan jenis komunikasi dalam jaringan
·    Mendiskusikan tujuan komunikasi dalam jaringan
·    Mendiskusikan fungsi komunikasi dalam jaringan
·    Mendiskusikan komponen pendukung komunikasi dalam jaringan


Mengeksplorasi
·    Mengeksplorasipengertian komunikasi dalam jaringan
·    Mengeksplorasijenis komunikasi dalam jaringan
·    Mengeksplorasitujuan komunikasi dalam jaringan
·    Mengeksplorasifungsi komunikasi dalam jaringan
·    Mengeksplorasikomponen pendukung komunikasi dalam jaringan


Mengasosiasi
Membuat kesimpulan tentang komunikasi dalam jaringan.

Mengkomunikasikan
Menyampaikan hasil tentang komunikasi dalam jaringan.






Tugas
Mengklasifikasikan pelbagai komunikasi dalam jaringan (daring/online).

Observasi
Mengamati kegiatan/aktivitas siswa secara individu dan dalam diskusi dengan  checklist  lembar pengamatan atau dalam bentuk lain

Portofolio
·  Hasil kerja mandiri/kelompok
·  Bahan Presentasi

Tes
Essay , pilihan ganda
3JP


Modul Simulasi Digital, SEAMOLEC, Juli 2013
3.2.     Menerapkan komunikasi daring (online)
4.2.Menyajikan hasil penerapan komunikasi daring (online)
Penerapan komunikasi daring (online)
·      Persiapan komunikasi daring
·      Pelaksanaan komunikasi daring
·      Tindak lanjut komunikasi daring

Mengamati
Mengamati penerapan komunikasi daring (online)

Menanya
·      Mendiskusikan tahap persiapan komunikasi daring
·      Mendiskusikan tahap pelaksanaan komunikasi daring
·      Mendiskusikan tahap tindak lanjut komunikasi daring

Mengeksplorasi
·      Mengeksplorasi tahap persiapan komunikasi daring
·    Mengeksplorasi tahap pelaksanaan komunikasi daring
·    Mengeksplorasi tahap tindak lanjut komunikasi daring

Mengasosiasi
Membuat kesimpulan tentang penerapan komunikasi daring (online)

Mengkomunikasikan
Menyampaikan hasil penerapan komunikasi daring (online)









Tugas
Membuat laporan penerapan komunikasi daring (online)

Observasi
Mengamati kegiatan/aktivitas siswa secara individu dan dalam diskusi dengan  checklist  lembar pengamatan atau dalam bentuk lain

Portofolio
·  Hasil kerja mandiri/kelompok
·  Bahan Presentasi

Tes
Essay , pilihan ganda

6JP


Modul Simulasi Digital, SEAMOLEC, Juli 2013
3.3.     Memahami kelas maya.
4.3.     Menyajikan hasil pemahaman tentang kelas maya.


Kelas maya
·         Definisi kelas maya
·         Jeniskelas maya
·         Manfaatkelas maya
·         Fitur kelas maya

Mengamati
Mengamati pelbagai aplikasi kelas maya

Menanya
·      Mendiskusikan definisi kelas maya
·      Mendiskusikanjeniskelas maya
·      Mendiskusikanmanfaatkelas maya
·      Mendiskusikanfitur kelas maya

Mengeksplorasi
·      Mengeksplorasi definisi kelas maya
·      Mengeksplorasi jenis kelas maya
·      Mengeksplorasi manfaat kelas maya
·      Mengeksplorasi fitur kelas maya

Mengasosiasi
Membuat kesimpulan tentang kelas maya

Mengkomunikasikan
Menyampaikan hasil pelbagai aplikasi kelas maya









Tugas
·   Membuat laporan tentang kelas maya

Observasi
Mengamati kegiatan/aktivitas siswa secara individu dan dalam diskusi dengan  checklist  lembar pengamatan atau dalam bentuk lain

Portofolio
·  Hasil kerja mandiri/kelompok
·  Bahan Presentasi

Tes
Essay , pilihan ganda

6JP
Modul Simulasi Digital, SEAMOLEC, Juli 2013
3.4.        Menerapkan pembelajaran melalui kelas maya
4.4.        Menyajikan hasil penerapan pembelajaran melalui kelas maya.

Pembelajaran melalui kelas maya
·      Pembuatan akun
·      Pengaturan profil
·      Bergabung dalam grup/kelas/kelompok
·      Perpustakaan maya (library)
·      Catatan (note)
·      Tugas atau kuis
·       Kalender
·      Search dan filter
·      Materi belajar
·      Jajak Pendapat (polling)
·      Evaluasi pembelajaran
Mengamati
Mengamati proses pembelajaran melalui kelas maya

Menanya
·      Mendiskusikan proses pembuatan akun
·      Mendiskusikan proses pengaturan profil
·      Mendiskusikan proses bergabung dalam grup/kelas/kelompok
·      Mendiskusikantentang perpustakaan maya (library)
·      Mendiskusikantentang catatan (note)
·      Mendiskusikantentang tugas atau kuis
·      Mendiskusikantentang kalender
·      Mendiskusikantentang Search dan filter
·      Mendiskusikantentang materi belajar
·      Mendiskusikantentang jajak pendapat (polling)
·      Mendiskusikantentang evaluasi pembelajaran

Mengeksplorasi
·      Mengeksplorasi proses pembuatan akun
·      Mengeksplorasi proses pengaturan profil
·      Mengeksplorasi proses bergabung dalam grup/kelas/kelompok
·      Mengeksplorasi tentang perpustakaan maya (library)
·      Mengeksplorasi tentang catatan (note)
·      Mengeksplorasi tentang tugas atau kuis
·      Mengeksplorasi tentang kalender
·      Mengeksplorasi tentang Search dan filter
·      Mengeksplorasi tentang materi belajar
·      Mengeksplorasi tentang jajak pendapat (polling)
·      Mengeksplorasi tentang evaluasi pembelajaran

Mengasosiasi
Membuat kesimpulan tentang penerapan pembelajaran melalui kelas maya

Mengkomunikasikan
Menyampaikan hasil tentang penerapan pembelajaran melalui kelas maya













Tugas
·   Membuat laporan tentang proses pembelajaran melalui kelas maya.

Observasi
Mengamati kegiatan/aktivitas siswa secara individu dan dalam diskusi dengan  checklist  lembar pengamatan atau dalam bentuk lain

Portofolio
·  Hasil kerja mandiri/kelompok
·  Bahan Presentasi

Tes
Essay , pilihan ganda

18JP
Modul Simulasi Digital, SEAMOLEC, Juli 2013
3.5.        Memahami presentasi video
4.5.        Menyajikan hasil pemahaman tentang presentasi video

Presentasi video
·      Definisi presentasi video
·      Fungsi presentasi video
·      Jenis presentasi video
·      Ciri khas presentasi video

Mengamati
Mengamati pelbagai presentasi video

Menanya
·    Mendiskusikan definisi presentasi video
·    Mendiskusikan fungsi presentasi video
·    Mendiskusikan jenis presentasi video
·    Mendiskusikan ciri khas presentasi video


Mengeksplorasi
·    Mengeksplorasi definisi presentasi video
·    Mengeksplorasi fungsi presentasi video
·    Mengeksplorasi jenis presentasi video
·    Mengeksplorasi ciri khas presentasi video

Mengasosiasi
Membuat kesimpulan tentang presentasi video

Mengkomunikasikan
Menyampaikan hasil pelbagai presentasi video




Tugas
·   Membuat laporan tentang presentasi video

Observasi
Mengamati kegiatan/aktivitas siswa secara individu dan dalam diskusi dengan  checklist  lembar pengamatan atau dalam bentuk lain

Portofolio
·  Hasil kerja mandiri/kelompok
·  Bahan Presentasi

Tes
Essay , pilihan ganda
3JP
Modul Simulasi Digital, SEAMOLEC, Juli 2013
3.6.        Menerapkan presentasi video untuk branding dan marketing
4.6.        Menyajikan hasil penerapan presentasi video untuk branding dan marketing

Presentasi video untuk branding dan marketing
·      Tahap praproduksivideo untuk branding dan marketing
·      Tahap produksi video untuk branding dan marketing
·      Tahap pascaproduksi dan tindak lanjut video untuk branding dan marketing

Mengamati
Mengamati pelbagai presentasi video untuk branding dan marketing

Menanya
·      Mendiskusikan tahap praproduksivideo untuk branding dan marketing
·      Mendiskusikan tahap produksi video untuk branding dan marketing
·      Mendiskusikan tahap pascaproduksi dan tindak lanjut video untuk branding dan marketing

Mengeksplorasi
·      Mengeksplorasi tahap praproduksivideo untuk branding dan marketing
·      Mengeksplorasi tahap produksi video untuk branding dan marketing
·      Mengeksplorasi tahap pascaproduksi dan tindak lanjut video untuk branding dan marketing

Mengasosiasi
Membuat kesimpulan tentang presentasi video untuk branding dan marketing



Mengkomunikasikan
Menyampaikan hasil  tentang presentasi video untuk branding dan marketing


Tugas
·   Membuat laporan tentang presentasi video untuk branding dan marketing
·   Membuat presentasi video untuk branding dan marketing


Observasi
Mengamati kegiatan/aktivitas siswa secara individu dan dalam diskusi dengan  checklist  lembar pengamatan atau dalam bentuk lain

Portofolio
·  Hasil kerja mandiri/kelompok
·  Bahan Presentasi

Tes
Essay , pilihan ganda
24JP
Modul Simulasi Digital, SEAMOLEC, Juli 2013
3.5.         
3.7.        Memahami simulasi visual
4.7.        Menyajikan hasil  pemahaman tentang simulasi visual

Simulasi visual
·      Definisi simulasi visual
·      Jenis simulasi visual
·      Fungsi simulasi visual

Mengamati
Mengamati pelbagai simulasi visual

Menanya
·      Mendiskusikan definisi simulasi visual
·      Mendiskusikan jenis simulasi visual
·      Mendiskusikan fungsi simulasi visual

Mengeksplorasi
·      Mengeksplorasi definisi simulasi visual
·      Mengeksplorasi jenis simulasi visual
·      Mengeksplorasi fungsi simulasi visual

Mengasosiasi
Membuat kesimpulan tentang simulasi visual

Mengkomunikasikan
Menyampaikan hasil simulasi visual




Tugas
·   Membuat laporan tentang simulasi visual

Observasi
Mengamati kegiatan/aktivitas siswa secara individu dan dalam diskusi dengan  checklist  lembar pengamatan atau dalam bentuk lain

Portofolio
·  Hasil kerja mandiri/kelompok
·  Bahan Presentasi

Tes
Essay , pilihan ganda
3JP
Modul Simulasi Digital, SEAMOLEC, Juli 2013
3.8.     Menerapkan fitur aplikasi pengolah simulasi visual tahap praproduksi
4.8.     Menyajikan hasil penerapan fitur aplikasi pengolah simulasi visual tahap praproduksi
Aplikasi pengolah simulasi visual tahap praproduksi
·         Konsep produk
·         Pencarian ide dan premis
·         Sinopsis
·         Storyboard

Mengamati
Mengamati pengolah simulasi visual tahap praproduksi

Menanya
·         Mendiskusikan konsep produk
·         Mendiskusikan pencarian ide dan premis
·         Mendiskusikan synopsis
·         Mendiskusikan storyboard

Mengeksplorasi
·         Mengeksplorasi konsep produk
·         Mengeksplorasi pencarian ide dan premis
·         Mengeksplorasi synopsis
·         Mengeksplorasi storyboard

Mengasosiasi
Membuat kesimpulan tentang pengolah simulasi visual tahap praproduksi


Mengkomunikasikan
Menyampaikan hasil pengolah simulasi visual tahap praproduksi









Tugas
·     Membuat laporan tentang pengolah simulasi visual tahap praproduksi

Observasi
Mengamati kegiatan/aktivitas siswa secara individu dan dalam diskusi dengan  checklist  lembar pengamatan atau dalam bentuk lain

Portofolio
·  Membuat laporan tentang hasil kerja mandiri/kelompok
·  Bahan Presentasi

Tes
Pilihan Ganda, Essay
12JP


Modul Simulasi Digital, SEAMOLEC, Juli 2013
3.9.     Menerapkan fitur aplikasi pengolah simulasi visual tahap produksi
4.9.     Menyajikan hasil penerapan fitur aplikasi pengolah simulasi visual tahap produksi



Aplikasi pengolah simulasi visual tahap produksi
·         Instalasi aplikasi
·         Character
·         Environment
·         Property dan effect
·         Menganimasikan
Mengamati
·         Mengamati pengolah simulasi visual tahap produksi

Menanya
·         Mendiskusikan Instalasi aplikasi
·         Mendiskusikan Character
·         Mendiskusikan Environment
·         Mendiskusikan Property dan effect
·         Mendiskusikan proses menganimasikan

Mengeksplorasi
·         Mengeksplorasi Instalasi aplikasi
·         Mengeksplorasi Character
·         Mengeksplorasi Environment
·         Mengeksplorasi Property dan effect
·         Mengeksplorasi proses menganimasikan

Mengasosiasi
Membuat kesimpulan tentang pengolah simulasi visual tahap produksi

Mengkomunikasikan
Menyampaikan hasil diskusi tentang pengolah simulasi visual tahap produksi





Tugas
·         Membuatlaporan tentangpengolah simulasi visual tahap produksi

Observasi
Mengamati kegiatan/aktivitas siswa secara individu dan dalam diskusi dengan  checklist  lembar pengamatan atau dalam bentuk lain

Portofolio
·  Membuat laporan tentang hasil kerja mandiri/kelompok
·  Bahan Presentasi

Tes
Pilihan Ganda, Essay
15JP


Modul Simulasi Digital, SEAMOLEC, Juli 2013
3.10.    Menerapkan fitur aplikasi pengolah simulasi visual tahap pascaproduksi
4.10.    Menyajikan hasil penerapan fitur aplikasi pengolah simulasi visual tahap pascaproduksi

Aplikasi pengolah simulasi visual tahap pascaproduksi
·         Editing
·         Fixing dan mixing
·         Kemasan

Mengamati
Mengamati pengolah simulasi visual tahap pascaproduksi

Menanya
·         Mendiskusikantentangediting
·         Mendiskusikantentang fixing dan mixing
·         Mendiskusikantentang kemasan

Mengeksplorasi
·         Mengeksplorasitentangediting
·         Mengeksplorasitentang fixing dan mixing
·         Mengeksplorasitentang kemasan

Mengasosiasi
Membuat kesimpulan tentang pengolah simulasi visual tahap pascaproduksi

Mengkomunikasikan
Menyampaikan hasil diskusi tentang pengolah simulasi visual tahap pascaproduksi











Tugas
Membuatlaporan tentangpengolah simulasi visual tahap pascaproduksi

Observasi
Mengamati kegiatan/aktivitas siswa secara individu dan dalam diskusi dengan  checklist  lembar pengamatan atau dalam bentuk lain

Portofolio
·  Membuat laporan tentang hasil kerja mandiri/kelompok
·  Bahan Presentasi

Tes
Pilihan Ganda, Essay
12JP


Modul Simulasi Digital, SEAMOLEC, Juli 2013
3.11.     Memahami buku digital
4.11.     Menyajikan hasil pemahaman tentang buku digital

Buku Digital
·         Definisi buku digital
·         Jenis buku digital
·         Fungsi dan tujuan buku digital

Mengamati
Mengamati  tentang buku digital

Menanya
·         Mendiskusikan definisi buku digital
·         Mendiskusikan jenis buku digital
·         Mendiskusikan fungsi dan tujuan buku digital

Mengeksplorasi
·         Mengeksplorasi definisi buku digital
·         Mengeksplorasi jenis buku digital
·         Mengeksplorasi fungsi dan tujuan buku digital

Mengasosiasi
Membuat kesimpulan tentang buku digital

Mengkomunikasikan
Menyampaikan hasil diskusi  terkait buku digital












Tugas
·     Membuatlaporan tentangbuku digital

Observasi
Mengamati kegiatan/aktivitas siswa secara individu dan dalam diskusi dengan  checklist  lembar pengamatan atau dalam bentuk lain

Portofolio
·  Membuat laporan tentang hasil kerja mandiri/kelompok
·  Bahan Presentasi

Tes
Pilihan Ganda, Essay
3JP


Modul Simulasi Digital, SEAMOLEC, Juli 2013
3.12.       Menerapkan format buku digital
4.12.       Menyajikan hasil penerapan format buku digital

Format buku digital
·      Konversi format file
·      Sampul (cover) buku digital
·      Daftar isi
·      Gambar, suara dan video

Mengamati
Mengamati format buku digital

Menanya
·      Mendiskusikan konversi format file
·      Mendiskusikan sampul (cover) buku digital
·      Mendiskusikan daftar isi
·      Mendiskusikan gambar, suara dan video

Mengeksplorasi
·      Mengeksplorasi konversi format file
·      Mengeksplorasi sampul (cover) buku digital
·      Mengeksplorasi daftar isi
·      Mengeksplorasi gambar, suara dan video

Mengasosiasi
Membuat kesimpulan tentang format buku digital

Mengkomunikasikan
Menyampaikan hasil diskusi tentangformat buku digital









Tugas
Membuatbuku digital

Observasi
Mengamati kegiatan/aktivitas siswa secara individu dan dalam diskusi dengan  checklist  lembar pengamatan atau dalam bentuk lain

Portofolio
·  Membuat laporan tentang hasil kerja mandiri/kelompok
·  Bahan Presentasi

Tes
Pilihan Ganda, Essay
6JP


Modul Simulasi Digital, SEAMOLEC, Juli 2013
3.13.    Menerapkan publikasi buku digital
4.13.    Menyajikan hasil penerapan publikasi buku digital

Publikasi buku digital
·      Jenis publikasi buku digital
·      Proses publikasi buku digital

Mengamati
Mengamati prosedur publikasi buku digital

Menanya
·      Mendiskusikan jenis publikasi buku digital
·      Mendiskusikan proses publikasi buku digital

Mengeksplorasi
·      Mengeksplorasi  jenis publikasi buku digital
·      Mengeksplorasi  proses publikasi buku digital


Mengasosiasi
Membuat kesimpulan tentang publikasi buku digital


Mengkomunikasikan
Menyampaikan hasil diskusi terkait publikasi buku digital










Tugas
·      Membuat laporan tentang publikasi buku digital

Observasi
Mengamati kegiatan/aktivitas siswa secara individu dan dalam diskusi dengan  checklist  lembar pengamatan atau dalam bentuk lain

Portofolio
·  Membuat laporan tentang hasil kerja mandiri/kelompok
·  Bahan Presentasi

Tes
Pilihan Ganda, Essay
3JP


Modul Simulasi Digital, SEAMOLEC, Juli 2013


Tidak ada komentar:

Posting Komentar