SILABUS MATA
PELAJARAN SIMULASI DIGITAL
(DASAR
PROGRAMKEAHLIAN
TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI)
Satuan Pendidikan : SMK/MAK
Kelas : X
Kompetensi Inti
KI-1.
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
|
KI-2.
|
Menghayati
dan Mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong
royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif
dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan
dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
|
KI-3.
|
Memahami,menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual dan prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
|
KI-4.
|
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik dibawah pengawasan langsung.
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1
Memahami nilai-nilai keimanan
dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya
terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya
1.2
Mendeskripsikan kebesaran Tuhan
yang menciptakan berbagai sumber energi di alam
1.3
Mengamalkan nilai-nilai keimanan
sesuai dengan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari
|
|
|
|
|
|
2.1.
Menunjukkan perilaku ilmiah
(memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati;
bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan)
dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan
percobaan dan berdiskusi
2.2.
Menghargai kerja individu dan
kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan
percobaan dan melaporkan hasil percobaan
|
|
|
|
|
|
3.1.
Memahami komunikasi dalam
jaringan (daring-online)
4.1.
Menyajikan hasil pemahaman
tentang komunikasi dalam jaringan (daring-online)
|
Komunikasi dalam jaringan (daring/online)
·
Pengertian komunikasi dalam
jaringan
·
Jenis komunikasi dalam jaringan
·
Tujuan komunikasi dalam jaringan
·
Fungsi komunikasi dalam jaringan
·
Komponen pendukung komunikasi
dalam jaringan
|
Mengamati
Mengamati pelbagai
komunikasi dalam jaringan (daring/online)
Menanya
·
Mendiskusikan pengertian komunikasi dalam jaringan
·
Mendiskusikan jenis komunikasi dalam jaringan
·
Mendiskusikan tujuan komunikasi dalam jaringan
·
Mendiskusikan fungsi komunikasi dalam jaringan
·
Mendiskusikan komponen pendukung komunikasi dalam jaringan
Mengeksplorasi
·
Mengeksplorasipengertian
komunikasi dalam jaringan
·
Mengeksplorasijenis komunikasi
dalam jaringan
·
Mengeksplorasitujuan komunikasi
dalam jaringan
·
Mengeksplorasifungsi komunikasi
dalam jaringan
·
Mengeksplorasikomponen pendukung
komunikasi dalam jaringan
Mengasosiasi
Membuat
kesimpulan tentang komunikasi dalam jaringan.
Mengkomunikasikan
Menyampaikan
hasil tentang komunikasi dalam jaringan.
|
Tugas
Mengklasifikasikan
pelbagai komunikasi dalam jaringan (daring/online).
Observasi
Mengamati
kegiatan/aktivitas siswa secara individu dan dalam diskusi dengan checklist
lembar pengamatan atau dalam bentuk lain
Portofolio
· Hasil kerja mandiri/kelompok
· Bahan Presentasi
Tes
Essay , pilihan ganda
|
3JP
|
Modul
Simulasi Digital, SEAMOLEC, Juli 2013
|
3.2.
Menerapkan komunikasi daring (online)
4.2.Menyajikan
hasil penerapan komunikasi daring
(online)
|
Penerapan komunikasi daring (online)
· Persiapan
komunikasi daring
· Pelaksanaan
komunikasi daring
· Tindak
lanjut komunikasi daring
|
Mengamati
Mengamati penerapan
komunikasi daring (online)
Menanya
· Mendiskusikan
tahap persiapan komunikasi daring
· Mendiskusikan
tahap pelaksanaan komunikasi daring
· Mendiskusikan
tahap tindak lanjut komunikasi daring
Mengeksplorasi
· Mengeksplorasi
tahap persiapan komunikasi daring
· Mengeksplorasi
tahap pelaksanaan komunikasi daring
· Mengeksplorasi
tahap tindak lanjut komunikasi daring
Mengasosiasi
Membuat
kesimpulan tentang penerapan komunikasi daring (online)
Mengkomunikasikan
Menyampaikan
hasil penerapan komunikasi daring (online)
|
Tugas
Membuat laporan
penerapan komunikasi daring (online)
Observasi
Mengamati
kegiatan/aktivitas siswa secara individu dan dalam diskusi dengan checklist
lembar pengamatan atau dalam bentuk lain
Portofolio
· Hasil kerja mandiri/kelompok
· Bahan Presentasi
Tes
Essay , pilihan ganda
|
6JP
|
Modul
Simulasi Digital, SEAMOLEC, Juli 2013
|
3.3.
Memahami kelas maya.
4.3.
Menyajikan hasil pemahaman
tentang kelas maya.
|
Kelas maya
·
Definisi
kelas maya
·
Jeniskelas
maya
·
Manfaatkelas
maya
·
Fitur
kelas maya
|
Mengamati
Mengamati pelbagai aplikasi
kelas maya
Menanya
·
Mendiskusikan
definisi kelas maya
·
Mendiskusikanjeniskelas
maya
·
Mendiskusikanmanfaatkelas
maya
·
Mendiskusikanfitur
kelas maya
Mengeksplorasi
·
Mengeksplorasi definisi kelas maya
·
Mengeksplorasi jenis kelas maya
·
Mengeksplorasi manfaat kelas maya
·
Mengeksplorasi fitur kelas maya
Mengasosiasi
Membuat kesimpulan tentang kelas
maya
Mengkomunikasikan
Menyampaikan hasil pelbagai aplikasi
kelas maya
|
Tugas
·
Membuat laporan tentang kelas
maya
Observasi
Mengamati
kegiatan/aktivitas siswa secara individu dan dalam diskusi dengan checklist
lembar pengamatan atau dalam bentuk lain
Portofolio
· Hasil kerja mandiri/kelompok
· Bahan Presentasi
Tes
Essay , pilihan ganda
|
6JP
|
Modul
Simulasi Digital, SEAMOLEC, Juli 2013
|
3.4.
Menerapkan pembelajaran melalui
kelas maya
4.4.
Menyajikan hasil penerapan
pembelajaran melalui kelas maya.
|
Pembelajaran
melalui kelas maya
·
Pembuatan
akun
·
Pengaturan
profil
·
Bergabung
dalam grup/kelas/kelompok
·
Perpustakaan
maya (library)
·
Catatan
(note)
·
Tugas
atau kuis
·
Kalender
·
Search dan filter
·
Materi
belajar
·
Jajak
Pendapat (polling)
· Evaluasi pembelajaran
|
Mengamati
Mengamati proses
pembelajaran melalui kelas maya
Menanya
·
Mendiskusikan proses pembuatan
akun
· Mendiskusikan
proses pengaturan profil
·
Mendiskusikan proses bergabung dalam grup/kelas/kelompok
·
Mendiskusikantentang perpustakaan maya (library)
·
Mendiskusikantentang catatan (note)
·
Mendiskusikantentang tugas atau kuis
·
Mendiskusikantentang kalender
·
Mendiskusikantentang Search
dan filter
·
Mendiskusikantentang materi belajar
·
Mendiskusikantentang jajak pendapat (polling)
· Mendiskusikantentang evaluasi pembelajaran
Mengeksplorasi
·
Mengeksplorasi proses pembuatan
akun
· Mengeksplorasi
proses pengaturan profil
·
Mengeksplorasi proses bergabung dalam grup/kelas/kelompok
·
Mengeksplorasi tentang perpustakaan maya (library)
·
Mengeksplorasi tentang catatan (note)
·
Mengeksplorasi tentang tugas atau kuis
·
Mengeksplorasi tentang kalender
·
Mengeksplorasi tentang Search dan filter
·
Mengeksplorasi tentang materi belajar
·
Mengeksplorasi tentang jajak pendapat (polling)
· Mengeksplorasi tentang evaluasi pembelajaran
Mengasosiasi
Membuat kesimpulan tentang penerapan pembelajaran melalui kelas
maya
Mengkomunikasikan
Menyampaikan hasil tentang penerapan
pembelajaran melalui kelas maya
|
Tugas
·
Membuat laporan tentang proses
pembelajaran melalui kelas maya.
Observasi
Mengamati
kegiatan/aktivitas siswa secara individu dan dalam diskusi dengan checklist
lembar pengamatan atau dalam bentuk lain
Portofolio
· Hasil kerja mandiri/kelompok
· Bahan Presentasi
Tes
Essay , pilihan ganda
|
18JP
|
Modul
Simulasi Digital, SEAMOLEC, Juli 2013
|
3.5.
Memahami presentasi video
4.5.
Menyajikan hasil pemahaman
tentang presentasi video
|
Presentasi
video
·
Definisi
presentasi video
·
Fungsi
presentasi video
·
Jenis
presentasi video
·
Ciri
khas presentasi video
|
Mengamati
Mengamati pelbagai presentasi video
Menanya
·
Mendiskusikan definisi
presentasi video
·
Mendiskusikan fungsi presentasi
video
·
Mendiskusikan jenis presentasi
video
·
Mendiskusikan ciri khas
presentasi video
Mengeksplorasi
·
Mengeksplorasi definisi
presentasi video
·
Mengeksplorasi fungsi presentasi
video
·
Mengeksplorasi jenis presentasi
video
·
Mengeksplorasi ciri khas
presentasi video
Mengasosiasi
Membuat kesimpulan tentang presentasi
video
Mengkomunikasikan
Menyampaikan hasil pelbagai presentasi
video
|
Tugas
·
Membuat laporan tentang presentasi
video
Observasi
Mengamati
kegiatan/aktivitas siswa secara individu dan dalam diskusi dengan checklist
lembar pengamatan atau dalam bentuk lain
Portofolio
· Hasil kerja mandiri/kelompok
· Bahan Presentasi
Tes
Essay , pilihan ganda
|
3JP
|
Modul
Simulasi Digital, SEAMOLEC, Juli 2013
|
3.6.
Menerapkan presentasi video
untuk branding dan marketing
4.6.
Menyajikan hasil penerapan
presentasi video untuk branding dan
marketing
|
Presentasi
video untuk branding dan marketing
· Tahap
praproduksivideo untuk branding dan
marketing
· Tahap
produksi video untuk branding dan marketing
· Tahap
pascaproduksi dan tindak lanjut video untuk branding dan marketing
|
Mengamati
Mengamati pelbagai presentasi video untuk branding dan marketing
Menanya
· Mendiskusikan
tahap praproduksivideo untuk branding
dan marketing
· Mendiskusikan
tahap produksi video untuk branding
dan marketing
· Mendiskusikan
tahap pascaproduksi dan tindak lanjut video untuk branding dan marketing
Mengeksplorasi
· Mengeksplorasi
tahap praproduksivideo untuk branding
dan marketing
· Mengeksplorasi
tahap produksi video untuk branding
dan marketing
· Mengeksplorasi
tahap pascaproduksi dan tindak lanjut video untuk branding dan marketing
Mengasosiasi
Membuat kesimpulan tentang presentasi
video untuk branding dan marketing
Mengkomunikasikan
Menyampaikan hasil tentang presentasi video untuk branding dan marketing
|
Tugas
·
Membuat laporan tentang
presentasi video untuk branding dan
marketing
·
Membuat presentasi video untuk branding dan marketing
Observasi
Mengamati kegiatan/aktivitas
siswa secara individu dan dalam diskusi dengan checklist
lembar pengamatan atau dalam bentuk lain
Portofolio
· Hasil kerja mandiri/kelompok
· Bahan Presentasi
Tes
Essay , pilihan ganda
|
24JP
|
Modul
Simulasi Digital, SEAMOLEC, Juli 2013
|
3.5.
3.7.
Memahami simulasi visual
4.7.
Menyajikan hasil pemahaman tentang
simulasi visual
|
Simulasi
visual
· Definisi simulasi visual
· Jenis simulasi visual
· Fungsi simulasi visual
|
Mengamati
Mengamati pelbagai simulasi
visual
Menanya
· Mendiskusikan
definisi simulasi visual
· Mendiskusikan
jenis simulasi visual
· Mendiskusikan
fungsi simulasi visual
Mengeksplorasi
· Mengeksplorasi
definisi simulasi visual
· Mengeksplorasi
jenis simulasi visual
· Mengeksplorasi
fungsi simulasi visual
Mengasosiasi
Membuat kesimpulan tentang simulasi
visual
Mengkomunikasikan
Menyampaikan hasil simulasi
visual
|
Tugas
·
Membuat laporan tentang simulasi
visual
Observasi
Mengamati
kegiatan/aktivitas siswa secara individu dan dalam diskusi dengan checklist
lembar pengamatan atau dalam bentuk lain
Portofolio
· Hasil kerja mandiri/kelompok
· Bahan Presentasi
Tes
Essay , pilihan ganda
|
3JP
|
Modul
Simulasi Digital, SEAMOLEC, Juli 2013
|
3.8.
Menerapkan fitur
aplikasi pengolah simulasi visual tahap praproduksi
4.8.
Menyajikan hasil penerapan fitur aplikasi pengolah simulasi visual tahap
praproduksi
|
Aplikasi
pengolah simulasi visual tahap praproduksi
·
Konsep produk
·
Pencarian ide dan
premis
·
Sinopsis
·
Storyboard
|
Mengamati
Mengamati pengolah
simulasi visual tahap praproduksi
Menanya
·
Mendiskusikan konsep produk
·
Mendiskusikan pencarian ide dan
premis
·
Mendiskusikan synopsis
·
Mendiskusikan storyboard
Mengeksplorasi
·
Mengeksplorasi konsep produk
·
Mengeksplorasi pencarian ide dan
premis
·
Mengeksplorasi synopsis
·
Mengeksplorasi storyboard
Mengasosiasi
Membuat
kesimpulan tentang pengolah simulasi visual tahap praproduksi
Mengkomunikasikan
Menyampaikan
hasil pengolah simulasi visual tahap praproduksi
|
Tugas
·
Membuat laporan tentang pengolah
simulasi visual tahap praproduksi
Observasi
Mengamati kegiatan/aktivitas
siswa secara individu dan dalam diskusi dengan checklist
lembar pengamatan atau dalam bentuk lain
Portofolio
· Membuat
laporan tentang hasil kerja
mandiri/kelompok
· Bahan Presentasi
Tes
Pilihan
Ganda, Essay
|
12JP
|
Modul
Simulasi Digital, SEAMOLEC, Juli 2013
|
3.9.
Menerapkan fitur
aplikasi pengolah simulasi visual tahap produksi
4.9.
Menyajikan hasil penerapan fitur aplikasi pengolah simulasi visual tahap
produksi
|
Aplikasi
pengolah simulasi visual tahap produksi
·
Instalasi aplikasi
·
Character
·
Environment
·
Property dan effect
·
Menganimasikan
|
Mengamati
·
Mengamati pengolah simulasi visual tahap produksi
Menanya
·
Mendiskusikan Instalasi
aplikasi
·
Mendiskusikan Character
·
Mendiskusikan Environment
·
Mendiskusikan Property dan effect
·
Mendiskusikan proses
menganimasikan
Mengeksplorasi
·
Mengeksplorasi Instalasi
aplikasi
·
Mengeksplorasi Character
·
Mengeksplorasi Environment
·
Mengeksplorasi Property dan effect
·
Mengeksplorasi
proses menganimasikan
Mengasosiasi
Membuat
kesimpulan tentang pengolah simulasi visual tahap produksi
Mengkomunikasikan
Menyampaikan hasil diskusi tentang
pengolah simulasi visual tahap produksi
|
Tugas
·
Membuatlaporan tentangpengolah
simulasi visual tahap produksi
Observasi
Mengamati
kegiatan/aktivitas siswa secara individu dan dalam diskusi dengan checklist
lembar pengamatan atau dalam bentuk lain
Portofolio
· Membuat
laporan tentang hasil kerja
mandiri/kelompok
· Bahan Presentasi
Tes
Pilihan
Ganda, Essay
|
15JP
|
Modul
Simulasi Digital, SEAMOLEC, Juli 2013
|
3.10.
Menerapkan fitur
aplikasi pengolah simulasi visual tahap pascaproduksi
4.10.
Menyajikan hasil penerapan fitur aplikasi pengolah simulasi visual tahap
pascaproduksi
|
Aplikasi
pengolah simulasi visual tahap pascaproduksi
·
Editing
·
Fixing dan mixing
·
Kemasan
|
Mengamati
Mengamati pengolah
simulasi visual tahap pascaproduksi
Menanya
·
Mendiskusikantentangediting
·
Mendiskusikantentang fixing dan mixing
·
Mendiskusikantentang kemasan
Mengeksplorasi
·
Mengeksplorasitentangediting
·
Mengeksplorasitentang fixing dan mixing
·
Mengeksplorasitentang kemasan
Mengasosiasi
Membuat
kesimpulan tentang pengolah simulasi visual tahap pascaproduksi
Mengkomunikasikan
Menyampaikan hasil diskusi tentang pengolah
simulasi visual tahap pascaproduksi
|
Tugas
Membuatlaporan
tentangpengolah simulasi visual tahap pascaproduksi
Observasi
Mengamati
kegiatan/aktivitas siswa secara individu dan dalam diskusi dengan checklist
lembar pengamatan atau dalam bentuk lain
Portofolio
· Membuat
laporan tentang hasil kerja
mandiri/kelompok
· Bahan Presentasi
Tes
Pilihan
Ganda, Essay
|
12JP
|
Modul
Simulasi Digital, SEAMOLEC, Juli 2013
|
3.11.
Memahami buku
digital
4.11.
Menyajikan hasil
pemahaman tentang buku digital
|
Buku Digital
·
Definisi buku
digital
·
Jenis buku digital
·
Fungsi dan tujuan
buku digital
|
Mengamati
Mengamati tentang
buku digital
Menanya
·
Mendiskusikan definisi
buku digital
·
Mendiskusikan jenis
buku digital
·
Mendiskusikan fungsi
dan tujuan buku digital
Mengeksplorasi
·
Mengeksplorasi definisi
buku digital
·
Mengeksplorasi jenis
buku digital
·
Mengeksplorasi fungsi
dan tujuan buku digital
Mengasosiasi
Membuat
kesimpulan tentang buku digital
Mengkomunikasikan
Menyampaikan hasil diskusi terkait buku
digital
|
Tugas
·
Membuatlaporan tentangbuku
digital
Observasi
Mengamati
kegiatan/aktivitas siswa secara individu dan dalam diskusi dengan checklist
lembar pengamatan atau dalam bentuk lain
Portofolio
· Membuat
laporan tentang hasil kerja
mandiri/kelompok
· Bahan Presentasi
Tes
Pilihan
Ganda, Essay
|
3JP
|
Modul
Simulasi Digital, SEAMOLEC, Juli 2013
|
3.12.
Menerapkan format
buku digital
4.12.
Menyajikan hasil penerapan format buku digital
|
Format buku digital
· Konversi format file
· Sampul (cover) buku
digital
· Daftar isi
· Gambar, suara dan video
|
Mengamati
Mengamati format buku
digital
Menanya
· Mendiskusikan konversi format file
· Mendiskusikan sampul (cover)
buku digital
· Mendiskusikan daftar isi
· Mendiskusikan gambar, suara dan video
Mengeksplorasi
· Mengeksplorasi konversi format file
· Mengeksplorasi sampul (cover)
buku digital
· Mengeksplorasi daftar isi
· Mengeksplorasi gambar, suara dan video
Mengasosiasi
Membuat
kesimpulan tentang format buku digital
Mengkomunikasikan
Menyampaikan hasil diskusi tentangformat
buku digital
|
Tugas
Membuatbuku
digital
Observasi
Mengamati
kegiatan/aktivitas siswa secara individu dan dalam diskusi dengan checklist
lembar pengamatan atau dalam bentuk lain
Portofolio
· Membuat
laporan tentang hasil kerja
mandiri/kelompok
· Bahan Presentasi
Tes
Pilihan
Ganda, Essay
|
6JP
|
Modul
Simulasi Digital, SEAMOLEC, Juli 2013
|
3.13.
Menerapkan publikasi
buku digital
4.13.
Menyajikan hasil penerapan publikasi buku digital
|
Publikasi
buku digital
· Jenis publikasi buku digital
· Proses publikasi buku digital
|
Mengamati
Mengamati prosedur publikasi
buku digital
Menanya
· Mendiskusikan jenis publikasi buku digital
· Mendiskusikan proses publikasi buku digital
Mengeksplorasi
· Mengeksplorasi jenis
publikasi buku digital
· Mengeksplorasi proses
publikasi buku digital
Mengasosiasi
Membuat
kesimpulan tentang publikasi buku digital
Mengkomunikasikan
Menyampaikan hasil diskusi terkait publikasi
buku digital
|
Tugas
· Membuat
laporan tentang publikasi buku digital
Observasi
Mengamati
kegiatan/aktivitas siswa secara individu dan dalam diskusi dengan checklist
lembar pengamatan atau dalam bentuk lain
Portofolio
· Membuat
laporan tentang hasil kerja
mandiri/kelompok
· Bahan Presentasi
Tes
Pilihan
Ganda, Essay
|
3JP
|
Modul
Simulasi Digital, SEAMOLEC, Juli 2013
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar