SILABUS MATA
PELAJARAN PERAKITAN KOMPUTER
(DASAR
PROGRAM KEAHLIAN
TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI)
Satuan Pendidikan : SMK/MAK
Kelas : X
Kompetensi Inti
KI-1.
|
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
|
KI-2.
|
Menghayati
dan Mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong
royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan
menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
|
KI-3.
|
Memahami,menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual dan prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
|
KI-4.
|
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik dibawah pengawasan langsung.
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1
Memahami nilai-nilai keimanan
dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya
terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya
1.2
Mendeskripsikan kebesaran Tuhan
yang menciptakan berbagai sumber energi di alam
1.3
Mengamalkan nilai-nilai keimanan
sesuai dengan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari
|
|
|
|
|
|
2.1.
Menunjukkan perilaku ilmiah
(memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati;
bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan)
dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan
percobaan dan berdiskusi
2.2.
Menghargai kerja individu dan
kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan
percobaan dan melaporkan hasil percobaan
|
|
|
|
|
|
3.1.
Memahami perkembangan teknologi
komputer
4.1.
Menyajikan data hasil pengamatan
terhadap perkembangan teknologi komputer
|
Perkembangan Teknologi Komputer
· Generasi
komputer sebelum tahun 1940
· Generasi
komputer sesudah tahun 1940
|
Mengamati
Mengamati komputer
dari beberapa generasi.
Menanya
·
Mendiskusikan generasi komputer sebelum tahun 1940
·
Mendiskusikan generasi komputer sesudah tahun 1940
Mengeksplorasi
·
Mengeksplorasigenerasi komputer sebelum tahun 1940
·
Mengeksplorasigenerasi komputer sesudah tahun 1940
Mengasosiasi
Membuat
kesimpulan tentang teknologi komputer dari beberapa generasi.
Mengkomunikasikan
Menyampaikan
hasil tentang pelbagai teknologi komputer dari beberapa generasi
|
Tugas
Mengklasifikasikan
komputer dari beberapa generasi.
Observasi
Mengamati kegiatan/aktivitas
siswa secara individu dan dalam diskusi dengan checklist
lembar pengamatan atau dalam bentuk lain
Portofolio
· Hasil kerja mandiri/kelompok
· Bahan Presentasi
Tes
Essay , pilihan ganda
|
4JP
|
ITE Ver 3.1 Cisco Networking Academy Program.
|
3.2.
Memahami
komponen perangkat input dan output
4.2.Menyajikan
data hasil pengamatan terhadap berbagai komponen perangkat input dan output
|
Komponen Perangkat Input dan Output
·
Perangkat Input
·
Perangkat Output
|
Mengamati
Mengamati
komponen perangkat input dan output
Menanya
·
Mendiskusikan pelbagai perangkat
input
·
Mendiskusikan pelbagai perangkat
output
Mengeksplorasi
· Mengekspolasi
perangkat input
· Mengekspolasi
perangkat output
Mengasosiasi
Membuat
kesimpulan tentang pelbagai perangkat input dan output
Mengkomunikasikan
Menyampaikan
hasil pelbagai perangkat input dan perangkat output
|
Tugas
Membuat laporan
pelbagai perangkat input dan output.
Observasi
Mengamati
kegiatan/aktivitas siswa secara individu dan dalam diskusi dengan checklist
lembar pengamatan atau dalam bentuk lain
Portofolio
· Hasil kerja mandiri/kelompok
· Bahan Presentasi
Tes
Essay , pilihan ganda
|
8JP
|
ITE Ver 3.1 Cisco Networking Academy Program.
|
3.3.
Memahami komponen perangkat
proses dan media penyimpan
4.3.
Menyajikan data hasil pengamatan
terhadap berbagai komponen perangkat proses dan media penyimpan
|
Perangkat
Proses dan Media Penyimpan
·
Perangkat proses dan komponen
pendingin
·
Perangkat media penyimpan
internal dan eksternal
|
Mengamati
Mengamati perangkat proses dan
media penyimpan
Menanya
·
Mendiskusikan pelbagai perangkat
proses dan komponen pendingin
·
Mendiskusikan pelbagai perangkat
media penyimpan internal dan eksternal
Mengeksplorasi
· Mengekspolasi
perangkat proses dan komponen pendingin
· Mengekspolasi
perangkat media penyimpan internal dan eksternal
Mengasosiasi
Membuat kesimpulan tentang
perangkat proses dan media penyimpan
Mengkomunikasikan
Menyampaikan hasil pelbagai
perangkat proses dan media penyimpan
|
Tugas
·
Membuat laporan pelbagai
perangkat proses dan komponen pendingin
·
Membuat laporan pelbagai
perangkat media penyimpan internal dan eksternal
Observasi
Mengamati
kegiatan/aktivitas siswa secara individu dan dalam diskusi dengan checklist
lembar pengamatan atau dalam bentuk lain
Portofolio
· Hasil kerja mandiri/kelompok
· Bahan Presentasi
Tes
Essay , pilihan ganda
|
8JP
|
ITE Ver 3.1 Cisco Networking Academy Program.
|
3.4.
Memahami peta tata letak
komponen komputer
4.4.
Melakukan pembuatan peta tata
letak komponen komputer.
|
Tata Letak
Komponen Komputer
·
Pengenalan Motherboard
·
Tata letak komponen pada
motherboard
·
Konfigurasi motherboard
·
Jumper pada motherboard
|
Mengamati
Mengamati
tata letak komponen komputer
Menanya
·
Mendiskusikan pelbagai jenis
motherboard
·
Mendiskusikan tata letak
komponen pada motherboard
·
Mendiskusikan proses konfigurasi
motherboard
·
Mendiskusikan posisi jumper pada
motherboard
Mengeksplorasi
· Mengekspolasi
pelbagai jenis motherboard
· Mengekspolasi
tata letak komponen pada motherboard
· Mengeksplorasi
konfigurasi motherboard
· Mengeksplorasi
posisi jumper pada motherboard
Mengasosiasi
Membuat kesimpulan tentang tata letak komponen komputer
Mengkomunikasikan
Menyampaikan hasil tentang tata
letak komponen komputer
|
Tugas
·
Membuat laporan pelbagai jenis
motherboard
·
Membuat laporan tata letak
komponen pada motherboard
·
Membuat laporan konfigurasi
motherboard
·
Membuat laporan posisi jumper
pada motherboard
Observasi
Mengamati
kegiatan/aktivitas siswa secara individu dan dalam diskusi dengan checklist
lembar pengamatan atau dalam bentuk lain
Portofolio
· Hasil kerja mandiri/kelompok
· Bahan Presentasi
Tes
Essay , pilihan ganda
|
8JP
|
ITE Ver 3.1 Cisco Networking Academy Program.
|
3.5.
Memahami jenis – jenis casing
komputer
4.5.
Menyajikan hasil klasifikasi
casing komputer
|
Casing
Komputer
· Jenis
– jenis casing komputer
· Power
supply dan jenis konektor
|
Mengamati
Mengamati pelbagai jenis casing komputer
Menanya
·
Mendiskusikan pelbagai jenis
casing komputer
·
Mendiskusikan power supply dan
pelbagai jenis konektor
Mengeksplorasi
· Mengekspolasi
pelbagai jenis casing komputer
· Mengekspolasi
power supply dan pelbagai jenis konektor
Mengasosiasi
Membuat kesimpulan tentang
casing komputer
Mengkomunikasikan
Menyampaikan hasil pelbagai jenis
casing komputer
|
Tugas
·
Membuat laporan pelbagai jenis
casing komputer
·
Membuat laporan tentang power
supply dan pelbagai jenis konektor
Observasi
Mengamati
kegiatan/aktivitas siswa secara individu dan dalam diskusi dengan checklist
lembar pengamatan atau dalam bentuk lain
Portofolio
· Hasil kerja mandiri/kelompok
· Bahan Presentasi
Tes
Essay , pilihan ganda
|
4JP
|
ITE Ver 3.1 Cisco Networking Academy Program.
|
3.6.
Memahami peralatan dan bahan
yang digunakan dalam perakitan komputer
4.6.
Menyajikan hasil
klasifikasi peralatan dan bahan yang
digunakan dalam perakitan komputer
|
Peralatan
Dan Bahan
· Peralatan
perakitan
· Bahan
untuk perakitan
|
Mengamati
Mengamati pelbagai jenis peralatan dan bahan untuk perakitan
Menanya
·
Mendiskusikan pelbagai jenis
peralatan perakitan
·
Mendiskusikan pelbagai jenis
bahan untuk perakitan
Mengeksplorasi
· Mengekspolasi
pelbagai jenis peralatan perakitan
· Mengekspolasi
pelbagai jenis bahan untuk perakitan
Mengasosiasi
Membuat kesimpulan tentang
peralatan dan bahan untuk perakitan
Mengkomunikasikan
Menyampaikan hasil pelbagai jenis
peralatan dan bahan untuk perakitan
|
Tugas
·
Membuat laporan pelbagai jenis
peralatan perakitan
·
Membuat laporan pelbagai jenis
bahan untuk perakitan
Observasi
Mengamati
kegiatan/aktivitas siswa secara individu dan dalam diskusi dengan checklist
lembar pengamatan atau dalam bentuk lain
Portofolio
· Hasil kerja mandiri/kelompok
· Bahan Presentasi
Tes
Essay , pilihan ganda
|
8JP
|
ITE Ver 3.1 Cisco Networking Academy Program.
|
3.5.
3.7.
Memahami tempat dan keselamatan
kerja
4.7.
Menyajikan hasil kebutuhan tempat dan keselamatan kerja
|
Tempat dan
Keselamatan Kerja
· Prinsip
keselamatan dan keamanan kerja
· Pengenalan
tempat kerja
· Peralatan
keselamatan kerja
|
Mengamati
Mengamati tempat dan keselamatan
kerja
Menanya
·
Mendiskusikan prinsip
keselamatan dan keamanan kerja
·
Mendiskusikan tempat kerja
·
Mendiskusikan perlatan
keselamatan kerja
Mengeksplorasi
· Mengekspolasi
prinsip keselamatan dan keamanan kerja
· Mengekspolasi
tempat kerja
· Mengeksplorasi
peralatan keselamatan kerja
Mengasosiasi
Membuat kesimpulan tentang
tempat dan keselamatan kerja
Mengkomunikasikan
Menyampaikan hasil pengamatan
terhadap tempat dan keselamatan kerja
|
Tugas
·
Membuat laporan prinsip
keselamatan dan keamanan kerja
·
Membuat laporan kondisi tempat
kerja
·
Membuat laporan pelbagai
peralatan keselamatan kerja
Observasi
Mengamati
kegiatan/aktivitas siswa secara individu dan dalam diskusi dengan checklist
lembar pengamatan atau dalam bentuk lain
Portofolio
· Hasil kerja mandiri/kelompok
· Bahan Presentasi
Tes
Essay , pilihan ganda
|
4JP
|
ITE Ver 3.1 Cisco Networking Academy Program.
|
3.8.
Memahami prosedur bongkar pasang
komputer
4.8.
Menyajikan hasil bongkar pasang komputer
|
Prosedur
Bongkar Pasang Komputer
·
Prosedur
membongkar komputer dan inventarisasi komponen komputer
·
Prosedur
pemasangan komponen CPU, RAM dan pendingin pada motherboard
·
Prosedur
pemasangan motherboard pada kotak komputer, pemasangan led, keylock, speaker,
harddisk, floppy, cd dan DVD room
·
Prosedur
pemasangan kartu jaringan, kartu video dan kartu suara
·
Prosedur
pemasangan konektor ke perangkat input dan output
|
Mengamati
Mengamati tentang prosedur bongkar pasang
komputer
Menanya
Mengajukan prosedur bongkar pasang komputer
Mengeksplorasi
·
Mengeksplorasi prosedur membongkar komputer
dan inventarisasi komponen komputer
·
Mengeksplorasiprosedur
pemasangan komponen CPU, RAM dan pendingin pada motherboard
·
Mengeksplorasipemasangan
motherboard pada kotak komputer, pemasangan led, keylock, speaker, harddisk,
floppy, cd dan DVD room
·
Mengeksplorasipemasangan
kartu jaringan, kartu video dan kartu suara
·
Mengeksplorasipemasangan
konektor ke perangkat input dan output
Mengasosiasi
Membuat
kesimpulan tentang prosedur
bongkar pasang komputer
Mengkomunikasikan
Menyampaikan
hasil perkembangan tentang prosedur bongkar
pasang komputer
|
Tugas
·
Menyelesaikan masalah tentang prosedur bongkar pasang komputerdan inventarisasi komponen komputer
·
Menyelesaikan masalah tentang prosedur
pemasangan komponen CPU, RAM dan pendingin pada motherboard
·
Menyelesaikan masalah tentang prosedur
pemasangan motherboard pada kotak komputer, pemasangan led, keylock, speaker,
harddisk, floppy, cd dan DVD room
·
Menyelesaikan masalah tentang prosedur
pemasangan kartu jaringan, kartu video dan kartu suara
·
Menyelesaikan masalah tentang prosedur
pemasangan konektor ke perangkat input dan output
Observasi
Mengamati
kegiatan/aktivitas siswa secara individu dan dalam diskusi dengan checklist
lembar pengamatan atau dalam bentuk lain
Portofolio
· Membuat
laporan tentang hasil kerja
mandiri/kelompok
· Bahan Presentasi
Tes
Pilihan
Ganda, Essay
|
20JP
|
ITE Ver 3.1 Cisco Networking Acaddemy Program
|
3.9.
Memahami konfigurasi BIOS
4.9.
Menyajikan hasil konfigurasi BIOS
|
Konfigurasi
BIOS
·
Pengenalan
booting pada komputer
·
Konfigurasi
BIOS dan CMOS
|
Mengamati
·
Mengamati tentang konfigurasi BIOS
Menanya
·
Mengajukan pertanyaan terkait pengenalan booting pada komputer
·
Mengajukan pertanyaan terkait konfigurasi BIOS dan CMOS
Mengeksplorasi
·
Mengeksplorasi pengenalan booting pada komputer
·
Mengeksplorasi konfigurasi
BIOS dan CMOS
Mengasosiasi
Membuat
kesimpulan tentang konfigurasi
BIOS
Mengkomunikasikan
Menyampaikan hasil diskusi tentang
konfigurasi BIOS
|
Tugas
·
Membuatlaporan tentangbooting pada komputer
·
Menyelesaikan masalah tentangkonfigurasi BIOS
Observasi
Mengamati
kegiatan/aktivitas siswa secara individu dan dalam diskusi dengan checklist
lembar pengamatan atau dalam bentuk lain
Portofolio
· Membuat
laporan tentang hasil kerja
mandiri/kelompok
· Bahan Presentasi
Tes
Pilihan
Ganda, Essay
|
8JP
|
ITE Ver 3.1 Cisco Networking Acaddemy Program
|
3.10.
Memahami prosedur pengujian
hasil perakitan
4.10.
Menyajikan hasil pengujian hasil perakitan
|
Prosedur
Pengujian Hasil Perakitan
· Pengenalan
jenis beep code
· Pengecekan
perangkat input, proses, output dan media penyimpan pada BIOS
|
Mengamati
Mengamati tentang prosedur pengujian hasil
perakitan
Menanya
· Mengajukan pertanyaan terkait jenis
beep code
· Mengajukan pertanyaan pengecekan
perangkat input, proses, output dan media penyimpan pada BIOS
Mengeksplorasi
· Mengeksplorasi
terkait jenis beep
code
· Mengeksplorasi pengecekan
perangkat input, proses, output dan media penyimpan pada BIOS
Mengasosiasi
Membuat
kesimpulan tentang prosedur pengujian
hasil perakitan
Mengkomunikasikan
Menyampaikan hasil diskusi tentang prosedur pengujian
hasil perakitan
|
Tugas
· Membuatlaporan
tentangjenis beep code
· Menyelesaikan
masalah tentang pengecekan perangkat input, proses, output dan media penyimpan
pada BIOS
Observasi
Mengamati
kegiatan/aktivitas siswa secara individu dan dalam diskusi dengan checklist
lembar pengamatan atau dalam bentuk lain
Portofolio
· Membuat
laporan tentang hasil kerja
mandiri/kelompok
· Bahan Presentasi
Tes
Pilihan
Ganda, Essay
|
8
JP
|
ITE Ver 3.1 Cisco Networking Acaddemy Program
|
3.11.
Memahami prosedur instalasi
sistem operasi berbasis GUI
4.11.
Menyajikan hasil instalasi sistem operasi berbasis GUI
|
Prosedur Instalasi Sistem Operasi Berbasis GUI
·
Jenis
sistem operasi
·
Instalasi
dan konfigurasi dasar sistem operasi
|
Mengamati
Mengamati tentang prosedur instalasi sistem operasi
berbasis GUI
Menanya
· Mengajukan
pertanyaan terkait jenis sistem operasi
· Mengajukan
pertanyaan tentang instalasi dan konfigurasi dasar sistem operasi
Mengeksplorasi
·
Mengeksplorasi jenis
sistem operasi
·
Mengeksplorasi tentang instalasi
dan konfigurasi dasar sistem operasi
Mengasosiasi
Membuat
kesimpulan tentang prosedur
instalasi sistem operasi berbasis GUI
Mengkomunikasikan
Menyampaikan hasil diskusi terkait prosedur instalasi sistem operasi
berbasis GUI
|
Tugas
· Membuatlaporan
tentangjenis system operasi
·
Menyelesaikan proses instalasi dan konfigurasi dasar sistem operasi
Observasi
Mengamati
kegiatan/aktivitas siswa secara individu dan dalam diskusi dengan checklist
lembar pengamatan atau dalam bentuk lain
Portofolio
· Membuat
laporan tentang hasil kerja
mandiri/kelompok
· Bahan Presentasi
Tes
Pilihan
Ganda, Essay
|
8
JP
|
ITE Ver 3.1 Cisco Networking Acaddemy Program
|
3.12.
Memahami prosedur instalasi
peripheral
4.12.
Menyajikan hasil instalasi
peripheral
|
Prosedur Instalasi Periferal
·
Jenis-jenis
peripheral
·
Instalasi
dan pengujian berbagai peripheral
|
Mengamati
Mengamati tentang prosedur instalasi
periferal
Menanya
·
Mengajukan pertanyaan terkait jenis-jenis
peripheral
·
Mengajukan pertanyaan tentang instalasi
dan pengujian berbagai peripheral
Mengeksplorasi
·
Mengeksplorasi terkait jenis-jenis peripheral
·
Mengeksplorasi instalasi
dan pengujian berbagai peripheral
Mengasosiasi
Membuat
kesimpulan tentang prosedur
instalasi periferal
Mengkomunikasikan
Menyampaikan hasil diskusi tentangprosedur instalasi
periferal
|
Tugas
· Membuatlaporan
tentang pelbagaijenis peripheral
· Menyelesaikan
proses instalasi dan pengujian
berbagai peripheral
Observasi
Mengamati
kegiatan/aktivitas siswa secara individu dan dalam diskusi dengan checklist
lembar pengamatan atau dalam bentuk lain
Portofolio
· Membuat
laporan tentang hasil kerja
mandiri/kelompok
· Bahan Presentasi
Tes
Pilihan
Ganda, Essay
|
8
JP
|
ITE Ver 3.1 Cisco Networking Acaddemy Program
|
3.13.
Memahami prosedur instalasi
program aplikasi
4.13.
Menyajikan hasil instalasi program aplikasi
|
Prosedur
Instalasi Program Aplikasi
·
Jenis-jenis program aplikasi
·
Instalasi dan pengujian berbagai
program aplikasi
|
Mengamati
Mengamati prosedur instalasi program aplikasi
Menanya
·
Mengajukan pertanyaan terkait jenis
program aplikasi
· Mengajukan pertanyaan tentang instalasi
dan pengujian berbagai program aplikasi
Mengeksplorasi
·
Mengeksplorasi jenis -jenis
program aplikasi
·
Mengeksplorasi instalasi dan pengujian berbagai program aplikasi
Mengasosiasi
Membuat
kesimpulan tentang prosedur
instalasi program aplikasi
Mengkomunikasikan
Menyampaikan hasil diskusi terkait prosedur instalasi
program aplikasi
|
Tugas
·
Membuatlaporan tentang
pelbagaijenis program aplikasi
·
Menyelesaikan proses instalasi program aplikasi
Observasi
Mengamati
kegiatan/aktivitas siswa secara individu dan dalam diskusi dengan checklist
lembar pengamatan atau dalam bentuk lain
Portofolio
· Membuat
laporan tentang hasil kerja
mandiri/kelompok
· Bahan Presentasi
Tes
Pilihan
Ganda, Essay
|
8JP
|
ITE Ver 3.1 Cisco Networking Acaddemy Program
|
3.14.
Memahami prosedur instalasi
program utilit
4.14.
Menyajikan hasil instalasi program utility
|
Prosedur Instalasi Program Utility
· Jenis-jenis
program utility
· Instalasi
dan pengujian berbagai program utility
|
Mengamati
Mengamati prosedur Instalasi pelbagai Program
Utility
Menanya
·
Mendiskusikan ragam program utility dan kegunaannya
·
Mendiskusikan tentang prosedur Instalasi
pelbagai program
utility
Mengeksplorasi
· Mengeksplorasi
prosedur Instalasi pelbagai program utility
· Menguji hasil instalasi pelbagai program
utility
Mengasosiasi
Membuat kesimpulan prosedur instalasi program utility.
Mengkomunikasikan
Menyampaikan
hasil tentang pelbagai komputer dari beberapa generasi
|
Tugas
Melakukan instalasi program utility komputer.
Observasi
Mengamati
kegiatan diskusi, instalasi dan pengujian program
utility komputer dengan checklist
lembar pengamatan atau dalam bentuk lain
Portofolio
· Laporan hasil instalasi dan pengujian
program utility
· Bahan Presentasi
Tes
Essay , pilihan ganda
|
8JP
|
ITE Ver 3.1 Cisco Networking Academy Program.
.
|
3.15.
Memahami proses backup dan restore
sistem
4.15.
Menyajikan hasil backup dan restore sistem
|
Backup dan Restore sistem
· Prosedur
backup
· Prosedur
restore
|
Mengamati
·
Mengamati prosedur backup sistem
· Mengamati prosedur restore sistem
Menanya
·
Mendiskusikan prosedur backup sistem
·
Mendiskusikan prosedur restore sistem
Mengeksplorasi
·
Mengeksplorasi dan menerapkan prosedur backup sistem
·
Mengeksplorasidan menerapkan prosedur restore sistem
`
Mengasosiasi
·
Membuat kesimpulan tentang backup sistem
·
Membuat kesimpulan tentang restore sistem
Mengkomunikasikan
· Mempresentasikan hasil backup sistem
· Mempresentasikan hasil backup sistem
|
Tugas
·
Melakukan backup dan restore sistem.
·
Membuat laporan backup dan restore sistem.
Observasi
Mengamati
kegiatan diskusi tentang penerapan prosedur backup
da restore sistem komputer dengan
checklist lembar pengamatan
atau dalam bentuk lain
Portofolio
· Laporan hasil proses backup dan restore
· Bahan Presentasi
Tes
Essay , pilihan ganda
|
8JP
|
ITE Ver 3.1 Cisco Networking Academy Program.
|
3.16.
Memahami pencarian kesalahan
dasar pada komputer
4.16.
Menyajikan hasil identifikasi kesalahan
dasar pada komputer
.
|
Pencarian
Kesalahan Dasar pada Komputer
· Identifikasi
dan informasi penyelesaian terhadap
kesalahan
· Implementasi
penyelesaian masalah
· Software
diagnose untuk pencarian kesalahan
· Dokumentasi
penyelesaian masalah
|
Mengamati
Mengamati prosedur pencarian kesalahan dasar pada
komputer
Menanya
Mendiskusikan prosedur pencarian kesalahan dasar pada
komputer
Mengeksplorasi
·
Mengeksplorasi dan mengidentifikasi kesalahan–kesalahan dasar
pada komputer
·
Mengeksplorasi dengan menggunakan software diagnosa pencarian kesalahan
`
Mengasosiasi
·
Membuat kesimpulan tentang prosesdur pencarian kesalahan dasar pada
komputer
Mengkomunikasikan
· Mempresentasikan hasil identifikasi
kesalahan-kesalahan dasar pada komputer.
|
Tugas
Identifikasi kesalahan-kesalahan dasar pada komputer
Observasi
Mengamati
kegiatan diskusi tentang prosedur pencarian
kesalahan dasar pada komputer
dengan checklist
lembar pengamatan atau dalam bentuk lain
Portofolio
· Laporan hasil proses identifikasi
kesalahan-kesalahan dasar pada komputer.
· Bahan Presentasi
Tes
Essay , pilihan ganda
|
4JP
|
ITE Ver 3.1 Cisco Networking Academy Program.
|
3.17.
Memahami pencarian kesalahan
hardware pada komputer
4.17.
Menyajikan hasil pencarian kesalahan hardware pada komputer
|
Pencarian Kesalahan Hardware pada Komputer
· Pencarian
dan penyelesaian kesalahan pada POST dan CMOS/BIOS
· Pencarian
dan penyelesaian kesalahan pada motherboard, CPU dan RAM
· Pencarian
dan penyelesaian kesalahan pada video dan soundcard
· Pencarian
dan penyelesaian kesalahan pada media penyimpan, power supply,kotak pendingin
|
Mengamati
Mengamati prosedur pencarian dan penyelesaian kesalahan
hardware pada komputer
Menanya
Mendiskusikan prosedur pencarian dan penyelesaian
kesalahan hardware pada komputer
Mengeksplorasi
Mengeksplorasi dan menerapkan prosedur pencarian
serta penyelesaian kesalahan hardware pada komputer
`
Mengasosiasi
Membuat kesimpulan tentang prosedur pencarian dan
penyelesaian kesalahan hardware pada komputer
Mengkomunikasikan
Mempresentasikan hasil pencarian dan penyelesaian
kesalahan hardware pada komputer.
|
Tugas
Mencari dan menyelesaikan ragam kesalahan hardware pada
komputer
Observasi
Mengamati
kegiatan siswa tentang prosedur pencarian dan
penyelesaian kesalahan hardware pada komputer
dengan checklist
lembar pengamatan atau dalam bentuk lain
Portofolio
· Laporan hasil pencarian dan penyelesaian
kesalahan hardware pada komputer.
· Bahan Presentasi
Tes
Essay , pilihan ganda
|
8JP
|
ITE Ver 3.1 Cisco Networking Academy Program.
|
3.18.
Memahami pencarian kesalahan
peralatan periferal pada komputer
4.18.
Menyajikan hasil pencarian kesalahan peralatan periferal pada
komputer
|
Pencarian Kesalahan Periferal pada Komputer
· Pencarian
dan penyelesaian kesalahan pada perangkat input dan output
· Pencarian
dan penyelesaian kesalahan pada perangkat SCSI dan NIC
|
Mengamati
Mengamati prosedur pencarian dan penyelesaian kesalahan
periperal pada komputer
Menanya
Mendiskusikan prosedur pencarian dan penyelesaian
kesalahan periperal pada komputer
Mengeksplorasi
Mengeksplorasi dan menerapkan prosedur pencarian
serta penyelesaian kesalahan periperal pada komputer
`
Mengasosiasi
Membuat kesimpulan tentang prosedur pencarian dan
penyelesaian kesalahan periperal pada komputer
Mengkomunikasikan
Mempresentasikan hasil pencarian dan penyelesaian
kesalahan periperal pada komputer.
|
Tugas
Mencari dan menyelesaikan ragam kesalahan periperal
pada komputer
Observasi
Mengamati
kegiatan siswa tentang prosedur pencarian dan
penyelesaian kesalahan periperal pada komputer
dengan checklist
lembar pengamatan atau dalam bentuk lain
Portofolio
· Laporan hasil pencarian dan penyelesaian
kesalahan periperal pada komputer.
· Bahan Presentasi
Tes
Essay , pilihan ganda
|
8JP
|
ITE Ver 3.1 Cisco Networking Academy Program.
|
3.19.
Memahami interkoneksi antar
komputer
4.19.
Menyajikan hasil interkoneksi antar komputer
|
Interkoneksi
Antar Komputer
· Peralatan
interkoneksi antar komputer
· Pengaturan
alamat komputer dan uji coba interkoneksi antar komputer
|
Mengamati
Mengamati prosedur
interkoneksi atau
ketersambungan antar komputer
Menanya
Mendiskusikan prosedur interkoneksi atau ketersambungan
antar komputer
Mengeksplorasi
Mengeksplorasi dan menerapkan prosedur
ketersambungan atau interkoneksi antar
komputer
`
Mengasosiasi
Membuat kesimpulan tentang prosedur interkoneksi antar komputer
Mengkomunikasikan
Mempresentasikan hasil interkoneksi antar komputer.
|
Tugas
Mengkomunikasikan komputer dan menguji ketersambungan
antar komputer
Observasi
Mengamati
kegiatan siswa tentang prosedur interkoneksi antar komputer
dengan checklist
lembar pengamatan atau dalam bentuk lain
Portofolio
· Laporan hasil interkoneksi antar komputer
· Bahan Presentasi
Tes
Essay , pilihan ganda
|
4JP
|
ITE Ver 3.1 Cisco Networking Academy Program.
|
3.20.
Memahami prosedur perawatan
komputer secara berkala
4.20.
Menyajikan hasil perawatan komputer secara berkala
|
Prosedur
Perawatan Komputer Berkala
· Perawatan
hardware dan software
· Pembuatan
jadwal perawatan
|
Mengamati
Mengamati prosedur
perawatan hardware dan software komputer secara berkala
Menanya
Mendiskusikan prosedur
perawatan hardware dan software komputer secara berkala
Mengeksplorasi
Mengeksplorasi dan menerapkan prosedur perawatan hardware dan software komputer
secara berkala
Mengasosiasi
Membuat kesimpulan tentang prosedur perawatan hardware dan software komputer
secara berkala
Mengkomunikasikan
Mempresentasikan hasil perawatan hardware dan software
komputer secara berkala
|
Tugas
Membuat penjadwalan, perawatan hardware dan software
komputer secara berkala
Observasi
Mengamati
kegiatan siswa tentang prosedur perawatan hardware dan software komputer
secara berkala
dengan checklist
lembar pengamatan atau dalam bentuk lain
Portofolio
· Laporan hasil perawatan hardware dan
software secara berkala
· Bahan Presentasi
Tes
Essay , pilihan ganda
|
8JP
|
ITE Ver 3.1 Cisco Networking Academy Program.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar